Mohon tunggu...
Irvan Maulana
Irvan Maulana Mohon Tunggu... Penulis - Put Right Man on the Right Place

Pemerhati Bangsa

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

10 Pesepak Bola Tertajir Dunia 2021 Versi Forbes, Mantan Rival Abadi Switch Posisi

22 September 2021   07:30 Diperbarui: 22 September 2021   07:47 174 3 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
10 Pesepak Bola Tertajir Dunia 2021 Versi Forbes, Mantan Rival Abadi Switch Posisi
sumber : forbes.com

Dua pesepak bola terbaik dunia yang pernah dijuluki rival abadi sepak bola bertukar posisi di daftar pemain dengan penghasilan tertinggi dunia tahun ini, tetapi sama sama mengenakan jersey baru dan sama sama masih punya penghasilan tinggi.

Masih ingat? Belum genap 24 jam dengan berita saat Cristiano Ronaldo  meninggalkan Juventus dari Italia untuk bergabung dengan Manchester United Inggris, striker superstar itu menjadi pemain terlaris di situs merchandise olahraga Fanatics.

Ronaldo berhasil mengungguli atlet top lainnya, termasuk Tom Brady dari NFL pada tahun 2020, LeBron James dari NBA pada tahun 2018 dan Bryce Harper dari MLB pada tahun 2019.

Tapi "kemenangan" termanisnya mungkin mengalahkan pundi-pundi Lionel Messi, yang hanya beberapa minggu sebelumnya mengumumkan dia akan meninggalkan Barcelona untuk bergabung dengan Paris Saint-Germain.

Ini adalah jenis daya jual yang berasal dari menjadi atlet paling populer di dunia, kalau digabungkan Cristiano punya lebih dari setengah miliar pengikut, di Facebook (149 juta), Instagram (344 juta) dan Twitter (94,3 juta) dan membuatnya merebut kembali posisi teratas pada peringkat Forbes tahun ini dari pemain sepak bola dengan bayaran tertinggi di dunia.

Ronaldo mendapatkan $ 125 juta atau Rp 1,78 triliun (sebelum pajak) di musim 2021-22, dengan $ 70 atau Rp 996 miliar juta berasal dari gaji dan bonus untuk kembali ke MU, di mana antara 2003 dan 2009 ia memberikan tiga gelar Liga Premier berturut-turut dan mahkota Liga Champions.

Sisanya berasal dari endorsement dan kemitraan dengan merek termasuk Nike, Herbalife, Clear dan portofolio merek CR7 yang terus berkembang yang mencakup parfum, pakaian dalam, kacamata, hotel, gym, dan banyak lagi.

Hanya ada tiga atlet aktif yang mampu menyaingi secara komersial: Roger Federer ($90 juta), LeBron James ($65 juta) dan Tiger Woods ($60 juta). Dan penghasilan Ronaldo tidak menunjukkan tanda-tanda menurun, dengan pemain berusia 36 tahun itu masih mengungguli banyak lawannya di Eropa, yang sebagian besar berusia 10 tahun lebih muda darinya.

Tersingkir dari posisi No. 1 adalah rival lamanya, Lionel Messi yang berusia 34 tahun, yang setelah 21 tahun di Barcelona dan melompat ke PSG, di mana ia akan dibayar $75 juta atau Rp 1,06 triliun untuk musim ini,menempatkan dia di urutan ke 2 dalam daftar pemain bola dengan penghasilan tertinggi dengan mengantongi $ 110 juta atau Rp 1,56 triliun.

Messi terpaksa pindah ke PSG setelah La Liga Spanyol menekan pengeluaran gaji FC Barcelona, memaksa klub untuk mengakhiri negosiasi dengan rekor pemain top dunia enam kali tahun ini, yang telah bermain untuk Barca sejak dia berusia 13 tahun.

Dia mendapatkan sekitar $35 juta atau Rp 498 miliar dalam bentuk endorsement dari Adidas, Pepsi, pembuat jam Jacobs & Co. dan Budweiser, yang baru saja dia dapatkan tahun lalu di bawah kontrak tiga tahun.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bola Selengkapnya
Lihat Bola Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan