Mohon tunggu...
Irvan Maulana
Irvan Maulana Mohon Tunggu... Penulis - Put Right Man on the Right Place

Pemerhati Bangsa

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan Pilihan

Yuk, Ikuti 5 Tips Sederhana Ini setelah Divaksin Covid-19

30 Agustus 2021   14:37 Diperbarui: 30 Agustus 2021   15:57 83 3 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Yuk, Ikuti 5 Tips Sederhana Ini setelah Divaksin Covid-19
Kesehatan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Schantalao

Menurut Our World in Data (28/8) pemerintah Indonesia telah menyuntikkan vaksin kepada lebih dari  59 juta jiwa atau 22,15 persen dari total penduduk Indonesia. 

Hal ini membawa kita selangkah lebih dekat untuk kembali melakukan aktivitas seperti biasa serta menikmati hari-hari bersama orang-orang yang kita cintai, karena vaksin COVID-19 akan membantu melindungi kita dari resiko terburuk penularan COVID-19. 

Sebagian dari kita mungkin mengalami beberapa efek samping, yang merupakan tanda normal bahwa tubuh Anda sedang membangun perlindungan. 

Namun, jangan khawatir efek samping akan hilang dalam beberapa hari atau dalam hitungan jam, bahkan ada yang tidak merasakan efek samping sama sekali. Nah, berikut lima hal yang perlu dilakukan setelah disuntik vaksin untuk memudahkan petugas melakukan monitoring.

1. Jangan Buru-Buru Pulang, Penting Untuk Observasi

Butuh waktu sekitar 15 sampai 30 menit untuk memantau vaksin reaksi tubuh setelah vaksin disuntikkan, bahkan reaksi berkemungkinan muncul 1 kali dalam 24 jam setelah kita tiba di rumah. Petugas biasanya akan menyarankan kita menghubungi dokter terdekat jika efek samping yang muncul berlangsung lama.

JIka mengalami reaksi alergi terhadap vaksin seperti gatal di seluruh tubuh, muntah, bersin-bersin, sesak napas, hingga pingsan. Segera laporkan petugas vaksin atau panitia vaksin yang ada di lokasi.

2. Cari informasi jadwal vaksin kedua

Kita akan menerima kartu vaksinasi sebagai rekam tindakan vaksinasi yang telah kita terima. Kartu vaksinasi berisi informasi  kapan dan di mana kita mendapatkan vaksin. Penting bagi pemegang kartu vaksin untuk mencari informasi jadwal vaksin ke dua, biasanya jadwal vaksin selanjutnya tertera dalam spanduk kegiatan. Tanyakan pada petugas atau panitia terkait jadwal vaksinasi ke dua Anda.

Biasanya jarak suntikan kedua 4-12 minggu tergantung merek vaksin yang Anda terima. Segera catat tanggalnya, bila perlu buat pengingat di ponsel Anda agar tidak terlewat.

Tak hanya itu, segera mengunduh aplikasi PeduliLindungi untuk memonitor penerbitan sertifikat vaksin.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Kesehatan Selengkapnya
Lihat Kesehatan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
LAPORKAN KONTEN
Alasan