Mohon tunggu...
irvan hadzuka
irvan hadzuka Mohon Tunggu...

Orang kampung.

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Pengelolaan Kelas

13 November 2014   13:30 Diperbarui: 17 Juni 2015   17:54 147 1 0 Mohon Tunggu...

Tentang pengelolaan kelas, para ahli pendidikan berbeda-beda dalam mengemukakan definisi. Definisi-definisi yang berbeda itu bukan dimaksudkan untuk mempersulit arti dan makna pengelolaan kelas, akan tetapi justru akan menambah kejelasan arti pengelolaan kelas itu sendiri.

Untuk memahami pengertian tentang pengelolaan kelas secara mendalam, maka akan dikemukakan beberapa pendapat dari para ahli diantaranya :

a. Menurut Made Pidarta

Pengelolaan kelas ditinjau dari pengertian lama dan pengertian baru sebagai berikut:

1. Pengertian lama, Pengelolaan kelas adalah mempertahankan ketertiban kelas

2. Pengertian baru, Pengelolaan kelas adalah proses seleksi dan menggunakan alat-alat yang tepat terhadap problem dan situasi pengelolaan kelas. Guru bertugas menciptakan, memperbaiki, dan memelihara organisasi kelas sehingga individu dapat memanfaaatkan kemampuannya, bakatnya, dan energinya pada tugas-tugas individual (Pidarta, tth : 47).

b. Menurut Suharsimi Arikunto

Pengelolaan kelas adalah suatu usaha yang dilakukan oleh penanggung jawab kegiatan belajar mengajar dengan maksud agar dicapai kondisi yang optimal sehingga dapat terlaksana kegiatan belajar mengajar seperti yang diharapkan (Arikunto, 1986: 143).

c. Menurut Cece Wijaya dan Tabrani Rusyan

Pengelolaan kelas adalah usaha yang dilakukan guru untuk menata kehidupan kelas dimulai dari perencanaan kurikulumnya, penataan prosedur dan sumber belajarnya, pengaturan lingkungannya untuk memaksimalkan efisiensi, memantau kemajuan siswa, dan mengantisipasi masalah-masalah yang mungkin timbul (Wijaya dan Rusyan, 1994: 113).

d. Menurut Muljani A. Nurhadi

Pengelolaan kelas merupakan upaya mengelola siswa di kelas yang dilakukan untuk menciptakan dan mempertahankan suasana (kondisi) kelas yang menunjang program pengajaran dengan jalan menciptakan dan mempertahankan motivasi siswa untuk selalu terlibat dan berperan serta dalam proses pendidikan di sekolah (Nurhadi, 1983: 162).

Dari semua uraian di atas dapat disimpulkan bahwa pengelolaan kelas adalah upaya yang dilakukan guru dalam mengelola anak didiknya di kelas dengan menciptakan atau mempertahankan suasana atau kondisi kelas yang mendukung program pengajaran untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

Artikel Terkait

Definisi Pengelolaan Kelas



Dasar dan Landasan pengelolaan kelas
Tujuan Pengelolaan Kelas
Jenis-jenis Pengelolaan Kelas
Faktor Pendukung dan Penghambat dalam Pengelolaan Kelas
Strategi Pengelolaan Kelas Dalam Meningkatkan Belajar Siswa
Pengelolaan Kelas dalam Meningkatkan Kemampuan Siswa
Kedudukan Pengelolaan Kelas dalam Pembelajaran
Pendekatan dalam Pengelolaan Kelas
Pengelolaan Kelas dan Hubungannya dengan Pengembangan Variasi Mengajar Guru

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x