Mohon tunggu...
Irvan Afandi
Irvan Afandi Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Hobi Traveler dan Kuliner

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Belajar Bareng Cara Hidup Bersih dan Sehat di Panti bersama PMM UMM FIKES

1 Agustus 2022   23:29 Diperbarui: 1 Agustus 2022   23:41 44 3 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

PMM UMM yang tergabung dalam kelompok 9 gelombang 5 terjun ke panti untuk memberikan edukasi menjaga kebersihan tubuh pada anak di Panti Asuhan Taqwa Al Qolbi  jalan Joyo Agung, Kota Malang pada hari Senin 27 Juni 2022. Kebersihan diri merupakan suatu pengetahuan tentang usaha kesehatan perorangan untuk memelihara kesehatan diri sendiri, memperbaiki dan mempertinggi nilai kesehatan dan mencegah timbulnya penyakit.

Faktor yang mempengaruhi seseorang tidak melakukan kebersihan diri diantaranya status sosial ekonomi, pengetahuan, budaya, pilihan pribadi, dan kondisi fisik. Kebersihan diri ini diperlukan untuk kenyamanan, keamanan dan kesehatan seseorang. Kebersihan diri merupakan langkah awal mewujudkan kesehatan diri.

Dengan tubuh yang bersih meminimalkan risiko seseorang terhadap kemungkinan terjangkit nya suatu penyakit. terutama penyakit yang berhubungan dengan kebersihan diri yang buruk. Kebersihan diri yang tidak baik akan mempermudah tubuh terserang berbagai penyakit, seperti penyakit kulit, penyakit infeksi, penyakit mulut dan penyakit saluran cerna atau bahkan dapat menghilangkan fungsi bagian tubuh tertentu seperti halnya kulit.

dokpri
dokpri

Selain pendidikan personal hygiene kelompok 9 juga mengajak anak-anak untuk senam bersama yang bertujuan untuk menjaga keseimbangan tubuh, menjaga kesehatan tubuh, dan menjadikan tubuh menjadi fleksibel. Senam adalah  olahraga yang dilakukan dengan menggerakkan tubuh dengan gerakan tertentu dan  dipilih dengan cermat. Gerakan-gerakan ini memiliki ritme yang dinamis untuk melatih otot yang lebih kuat dan lebih fleksibel.

dokpri
dokpri

Selain senam dan pendidikan personal hygiene, kelompok 9 yang di ketuai  oleh Irvan Afandi dengan DPL Ibu Lilis Setyowati., MSc mensosialisasikan dan mengajarkan kebiasaan penghuni panti untuk mandiri mandiri membersihkan tempat tidur. Program ini bertujuan untuk mengembangkan karakter anak khususnya tentang kemandirian dan kedisiplinan.

Kelompok berharap melalui program kegiatan ini anak-anak di panti asuhan Taqwa Al Qolbi dapat membangun kesadaran pada diri anak mengenai pentingnya hidup bersih dan sehat, agar terhindar dari macam-macam penyakit.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan