Mohon tunggu...
irvan ramdani
irvan ramdani Mohon Tunggu... Guru - irvan

semangat

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Pentingnya Memahami Ketahanan Nasional Sejak Usia Dini

9 Desember 2021   18:22 Diperbarui: 9 Desember 2021   18:25 93 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Edukasi. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Ketahanan nasional merupakan keniscayaan yang harus dimiliki oleh suatu negara. Ketahanan nasional ini harus terus ada dan terus dibina secara terkoordinasi. 

Ketahanan nasional memiliki dinamika ketangguhan dan keuletan untuk mengembangkan kekuatan nasional. Ketahanan nasional membantu menghadapi berbagai bentuk ancaman, tantangan, hambatan dan gangguan baik dari sumber internal maupun eksternal. Tujuan dari ketahanan nasional adalah untuk memelihara kesejahteraan dan keselamatan seluruh aspek kehidupan nasional. 

Secara konstitusional, ketahanan nasional merupakan kondisi dinamis bagi keutuhan negara dan seluruh aspek kehidupan nasional. Namun pada hakikatnya, ketahanan nasional adalah kemampuan dan ketangguhan suatu bangsa untuk menjamin kelangsungan hidupnya guna mewujudkan kejayaan bangsa dan negara.

Terlepas dari pengertian diatas terus apa sih pentinganya memahami ketahan nasional sejak usia dini khususnya pada anak sekolah dasar?..

Pada saat ini khususnya di era moderenisasi, ketahanan sosial harus sangat di perhatikan sejak bangku sekolah dasar. Apalagi dengan internet  anak-anak  bisa leluasa meliahat dunia luar dengan sangat mudah, Kita sebagai seorang guru atau orang tua harus bisa mengontrol mereka agar bijak  dalam mengakses internet.  

Contoh kecil saja budaya dan tren saat ini yang biasanya mereka lihat dari laman sosial media biasanya anak-anak  itu suka mengikuti-NYA, meskipun tidak semua budaya dan tren itu sesuai dengan aturan dan norma yang berlaku di negara kita. dengan begitu bisa saja dapat merusak budaya dan tren generasi muda sehingga dapat merusak keamanan nasional kita dengan lupa akan jati diri bangsa sendiri. 

Oleh karena itu, kita sebagi guru dan orang tua harus bisa menjaga anak-anak  kita agar terhindar dari pengaruh dunia luar yang bisa membuat ketahanan nasional indonesia tetap terjaga dan anak-anak dapat lebih bijak menyikapi dampak globalisasi.

Contoh ketahanan nasional di atas mungkin hanya sebagian kecil dari banyak contoh lain yang dapat kita temukan dalam dunia pendidikan. Namun, saya berharap melalui contoh ketahanan nasional yang telah disampaikan, kita dapat belajar lebih banyak tentang apa itu ketahanan nasional, bagaimana kita harus melindunginya dan memeperkenalkannya sejak usia dini. Semoga artikel ini bermanfaat, ya!

Mohon tunggu...

Lihat Konten Edukasi Selengkapnya
Lihat Edukasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan