Mohon tunggu...
Dian S. Hendroyono
Dian S. Hendroyono Mohon Tunggu... Freelancer - Life is a turning wheel

Pura-pura bahagia itu gampang. Yang susah itu pura-pura langsing. Kata salah satu pegiat media sosial. 😊😊😊

Selanjutnya

Tutup

Healthy Pilihan

Berbagai Makanan untuk Menjaga Kesehatan Jantung (Bagian 4)

18 Agustus 2022   15:30 Diperbarui: 18 Agustus 2022   15:46 112 13 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Semangka yang menyegarkan dan menyehatkan. (Sumber: Adina Voicu/Pixabay)

Maaf, masih tersisa banyak jenis makanan yang bisa menjaga kesehatan jantung Anda, meski artikel sudah memasuki bagian ke-4. Tak apa, ya. Semoga tidak bosan.

Semangka

Cuaca panas begini paling cocok menyantap semangka. Nikmat sekali, 96 persen tubuh semangka adalah air. Akan tetapi, semangka juga kaya akan kalium, magnesium, serta vitamin A, B6, dan C. Artinya, jika Anda menyantap semangka dengan rutin dengan porsi yang wajar, maka tekanan darah dan level kolesterol akan selalu terjaga.


Kacang kenari

Walnut alias kacang kenari adalah camilan yang beken. Kacang ini juga enak untuk dijadikan bermacam penganan, misalnya di dalam adonan biskuit. Kacang kenari kaya akan asam lemak omega-3 yang bernama ALA atau alpha-linolenic acid. ALA bisa mengurangi tekanan darah, mengatur level kolesterol, dan jantung yang lebih sehat.

Kacang kenari. (Pera Detlic/Pixabay)
Kacang kenari. (Pera Detlic/Pixabay)

Pisang

Buah yang sangat populer. Bisa disantap langsung, dibuat smoothie, atau diiris-iris untuk menu sarapan, dicampur dengan havermut. Buah berkulit kuning ini kaya akan serat, kalium, dan protein. Pisang juga obat yang ampuh ketika terserang kram di kaki. Ini pengalaman pribadi.

Pisang juga merupakan makanan padat yang rendah kalori, dengan pati dan serat yang tahan lama, sehingga bagus untuk mereka yang ingin menurunkan berat badan. Plus, pisang juga bisa menurunkan tekanan darah tinggi, mengatur denyut jantung, dan kesehatan tubuh secara umum.

Pisang (PublicDomainPictures/Pixabay)
Pisang (PublicDomainPictures/Pixabay)

Kacang kedelai

Agaknya, orang Indonesia tak asing dengan yang namanya kacang kedelai, bahan utama tempe dan tahu. Kacang kedelai juga bisa disantap dalam bentuk susu. Kacang kedelai bisa memerangi kolesterol jahat, dan pada saat bersamaan kaya akan serat, asam lemak omega-3, dan protein. Demikian menurut situs Housediver.

Kacang kedelai dan susu kedelai. (bigfatcat/Pixabay)
Kacang kedelai dan susu kedelai. (bigfatcat/Pixabay)

Kubis

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan