Mohon tunggu...
Dian S. Hendroyono
Dian S. Hendroyono Mohon Tunggu... Freelancer - Life is a turning wheel

Pura-pura bahagia itu gampang. Yang susah itu pura-pura langsing. Kata salah satu pegiat media sosial. 😊😊😊

Selanjutnya

Tutup

Healthy Pilihan

Berbagai Makanan untuk Menjaga Kesehatan Jantung (Bagian 1)

10 Agustus 2022   15:15 Diperbarui: 18 Agustus 2022   15:31 145 16 5
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Apel, salah satu buah yang bisa membantu menjaga kesehatan jantung. (Sumber: Guenther/Pixabay)

An apple a day keeps the doctor away! Ungkapan itu memang ada benarnya. Buah apel kaya akan mineral, antioksidan, dan berbagai vitamin yang mengurangi risiko terjadinya penyakit jantung dan menurunkan tekanan darah. Ada banyak jenis apel yang bisa Anda pilih. Anda bisa mengelompokkannya dalam warna, rasa, dan gunanya untuk kesehatan.

Tak hanya apel jenis makanan yang dapat menjaga kesehatan jantung. Ada berbagai jenis makanan lain, yang sebagian besar bisa didapat dengan mudah, yang memiliki manfaat yang bagus untuk kesehatan jantung Anda yang bisa Anda pilih. Saking banyaknya, maka tulisan ini dibagi dalam beberapa bagian.

Mari kita cek satu per satu, kuy!

Chickpea

Di Indonesia, nama kacang ini dikenal sebagai kacang arab. Ukurannya memang kecil-kecil, mirip kacang polong, tapi manfaatnya tidak kecil. Dipenuhi dengan serat, kalium, dan berbagai vitamin, kacang arab adalah bekal yang cocok untuk menurunkan kolesterol dan menurunkan risiko penyakit jantung.

Kacang arab atau chickpea. (Ulrike Leone/Pixabay)
Kacang arab atau chickpea. (Ulrike Leone/Pixabay)

Kopi

Penggemar kopi boleh senang. Minuman berasa pahit, menurut situs Housediver, bisa menyehatkan jantung. Minum dengan porsi tak berlebihan, kopi bisa mengurangi risiko penyakit jantung koroner, gagal jantung, dan stroke. Tapi, ya itu tadi, jangan minum kopi berlebihan.

Buah ara atau fig

Buah yang manis ini adalah makanan yang bagus untuk jantung Anda. Buah ara kaya akan kalsium dan serat. Menurut penelitian, buah ara bahkan bisa membalik efek dari penyakit kardiovaskular.

Buah ara yang manis. (Couleur/Pixabay)
Buah ara yang manis. (Couleur/Pixabay)

Cabai

Berkat kandungan capsaicin, atau kapsaisin dalam bahasa Indonesia, yang dimilikinya, cabai bisa membantu menurunkan tekanan darah dan kolesterol. Harap diingat, untuk jangan terlalu banyak menyantap cabai dalam satu kali makan, ya. Perut bisa bermasalah.

Jahe

Dengan konsumsi reguler, jahe bisa menurunkan risiko penyakit kardiovaskular, seperti tekanan darah tinggi dan jantung koroner.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan