Mohon tunggu...
Dian S. Hendroyono
Dian S. Hendroyono Mohon Tunggu... Freelancer - Whenever, Whoever, Whatever

Lebih dari 20 tahun bekerja di Tabloid BOLA. Kini menjadi manusia "sipil", menulis tetap menjadi kesukaan dan tentu saja senantiasa menjadi penikmat sepak bola.

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan Pilihan

Hidup Sehat ala Vladimir Putin

14 September 2021   08:30 Diperbarui: 14 September 2021   08:35 120 8 4
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Hidup Sehat ala Vladimir Putin
Vladimir Putin, punya gaya hidup yang sangat sehat. (Sumber: Tass Online)

Saya sama sekali tidak akan bicara tentang Vladimir Putin dan politik di Rusia. Biarlah itu menjadi artikel untuk penyuka politik. Saya akan menyorot gaya hidup sehat yang dianut oleh presiden Rusia itu.

Putin sudah termasuk lansia. Pada 7 Oktober mendatang, Putin akan berusia 69 tahun. Satu hal yang saya suka tentang Putin adalah ia memiliki tanggal lahir yang sama dengan saya. Tentu saja, Putin berbelas tahun lebih senior ketimbang saya.

Putin dikenal sebagai penggemar kelas berat olahraga. Ia pernah berkata: "Saya selalu menyempatkan waktu untuk berolahraga setiap hari."

Selain selalu berolahraga, gaya hidup Putin juga sehat. Sebagai lansia, Putin tidak menunjukkan tanda-tandanya. Tidak ada badan yang membungkuk, tidak ada badan yang lemah.

Bahkan, jika dilihat-lihat, tubuhnya seakan bebas dari lemak. Entahlah, saya belum pernah bertemu langsung dengan Putin, jadi belum bisa memastikan soal lemak di badannya.

Barangkali sudah banyak yang tahu bahwa Putin adalah pemegang dan 8 sabuk hitam judo, menjadikannya orang Rusia pertama yang meraih status itu. 

Putin mulai berlatih judo sejak usianya 11 tahun, sebelum berpindah ke sambo pada usia 14 tahun. Putin juga berlatih karate. Tapi, Putin tidak hanya menggeluti judo. Banyak olahraga lain yang juga dilakukannya.

Ada banyak kebiasaan lain yang menjadikan Putin selalu okay dalam setiap kesempatan, selalu sehat, bahkan pada usianya yang sudah tergolong menua.

Apa saja rahasia Putin untuk menjaga kesehatannya? Berikut ini adalah beberapa di antaranya.

Berenang 1 kilometer setiap hari

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Kesehatan Selengkapnya
Lihat Kesehatan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
LAPORKAN KONTEN
Alasan