Mohon tunggu...
Media Informatif
Media Informatif Mohon Tunggu... Media informatif berisi artikel yang bersifat memberitahukan kepada khakayak ramai

Media informatif

Selanjutnya

Tutup

Keamanan

Pemuda sebagai Generasi Penerus Bangsa

24 November 2018   00:43 Diperbarui: 24 November 2018   01:01 0 1 0 Mohon Tunggu...
Pemuda sebagai Generasi Penerus Bangsa
Picture : Media Informatif

Masa depan Bangsa Indonesia sangatlah ditentukan oleh para generasi muda Bangsa ini. Kaum Muda Indonesia adalah masa depan Bangsa ini. Karena itu, setiap pemuda Indonesia, baik yang masih berstatus pelajar, mahasiswa ataupun yang sudah menyelesaikan pendidikannya merupakan faktor-faktor penting yang sangat diandalkan oleh Bangsa Indonesia dalam mewujudkan cita-cita bangsa dan juga mempertahankan kedaulatan Bangsa.    

Maka dari itu, kita sebagai pemuda Indonesia, mari kita lihat kembali diri kita. Sudah pantaskah kita menjadi generasi muda penerus bangsa? Maukah kita menjadi generasi muda penerus bangsa? Siapkah kita untuk menjadi generasi muda penerus bangsa? Mari kita bangun pribadi diri kita sendiri agar kita pantas menjadi generasi muda penerus bangsa. Adapun beberapa hal yang cukup sederahana untuk kita lakukan demi membangun indonesia menjadi lebih baik dan lebih berkualitas sebagai berikut :

  1. Agen of change, Membangun kesadaran yang diperuntukan kepada masyarakat awam yang kurang memiliki jiwa nasionalisme. Contohnya terjun langsung kedalam masyarakat dengan memberikan sosialisasi.
  1. Social control, Aksi yang dilakukan mahasiswa yang tidak anarkis dan memiliki kajian.
  1. Iron stock, Kaderisasi kepemimpinan, menciptakan banyak calon pemimpin yang berkualitas, berwawasan dan berjiwa nasionalisme yang dapat membawa indonesia ke arah yang lebih baik.
  1. Moral force, Pemberi teladan bagi lingkungan sekitar.

BACA JUGA : Semangat Pemuda pemudi Indonesia

Tidak hanya ke empat hal tersebut yang dapat kita lakukan tetapi banyak hal lain yang dapat kita lakukan seperti menulis. Menulis juga bisa menyalurkan inspirasi kita sebagai mahasiswa untuk membangun indonesia menjadi lebih baik, tidak hanya sekedar menulis saja tetapi tulisan tersebut dapat bermanfaat bagi indonesia. Kebanyakan seorang penulis itu bukan hanya sekedar menulis mereka mempunyai alasan untuk itu, yaitu:

  • Mengawal pikiran masyarakat/publik
  • Membangun kesadaran nasional
  • Menentang penyimpangan dan keadilan

Tanpa adanya tokoh yang menulis disetiap masa, tidak akan ada penerus bangsa yang bisa menulis dikemudian hari. Modal yang harus dimiliki bagi seseorang yang ingin menulis yaitu:

  • Mendengarkan semua hal dan menyaring dengan kesadaran akal
  • Optimasi mekanisme pandang. Menurut sabrang "noeletto" ada empat macam yaitu: sudut pandang, cura pandang, jarak pandang, resolusi pandang.
  • Kreativitas dan keberanian ekspresi jiwa dalam bahasa

Banyak hal yang dapat dilakukan oleh kita termasuk mahasiswa untuk memajukan indonesia. Para generasi muda harus lebih menanamkan jiwa nasionalismenya karena sangat penting bagi kemajuan bangsa dan negara.