Mohon tunggu...
Irsyad novanto
Irsyad novanto Mohon Tunggu... WorkHard

Planology and Trader

Selanjutnya

Tutup

Finansial

Lebih Baik Mana Investasi Obligasi atau Saham?

16 Mei 2020   12:48 Diperbarui: 16 Mei 2020   12:46 259 0 0 Mohon Tunggu...

Menurut kalian lebih baik mana antara investasi dalam bentuk Obligasi atau dalam bentuk Saham ?. Namun sebelum kita melangkah lebih jauh kemana kita harus berinvesstasi perlu kita tau arti dari bentuk barang yang akan kita pilih, khususnya ketika kita memilih investasi Obligasi atau Saham. Pengertian dari Obligasi merupakan surat hutang dalam jangka menengah dan juga jangka panjang yang dapat diperjualbelikan. Isi dari obligasi itu sendiri ialah berupa perjanjian antara dua belah pihak, yaitu yang berhutang dan yang dihutangi.

Dari perjanjian tersebut pada umumnya terdapat kupon/bunga yang diberikan oleh yang berhutang yang nantinya akan diberikan kepada yang dihutangi pada periode tertentu sesuai dari kesepakatan kedua belah pihak. Kemudian jenis dari surat hutang atau Obligasi ada beberapa macam yaitu :

Obligasi Koorporasi merupakan Obligasi yang diterbitkan oleh BUMN/BUMD atau juga bisa diterbitkan oleh perusahaan swasta. Obligasi  Koorporasi memiliki sejumlah keuntungan yang ada di dalamnya salah satunya seperti, dapat memberikan kita fixed income berupa bentuk kupon/bunga. Kupon atau bunga akan dibayarkan secara regular atau secara rutin sesuai perjanjian dan biasanya nominal dari bunga tersebut lebih tinggi daripada bunga yang kita terima saat deposito perbankan.

Surat Utang Negara (SUN) adalah surat utang yang dijamin pembayaran bunganya oleh negara sesuai masa berlaku. SUN biasanya digunakan pemerintah untuk menutup defisit Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN). Para investor SUN biasanya biasanya melalui pasar perdana dan pasar sekunder. Penawaran atau penjualan SUN yang berlaku di pasar perdana/primer biasanya dilakukan secara lelang yang nantinya peserta lelang tersebut umumnya diikuti oleh Bank dan Perusahaan efek yang telah ditunjuk oleh Menteri Keuangan. SUN memiliki 2 jenis yaitu Surat Perbendaharaan Negara (SPN) dan Obligasi Negara (Retail/ORI)

Sukuk Koperasi adalah instrumen berpendapatan yang diterbitkan secara syariah, pendapatan Sukuk Koperasi berdasarkan akad yang sudah ditentukan oleh OJK.

Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) merupakan instrumen yang utama dalam pembiayaan APBN. SBSN diterbitkan oleh pemerintah sejak tahun 2008. samapai saat ini SBSN termasuk instrumen utama dalam pembiayaan proyek-proyek infrastruktur pemerintah.

Efek Beragun Aset (EBA) adalah efek yang diterbitkan oleh kontrak investasi kolektif yang portofolionya terdiri dari aset keuangan berupatagihan timbul seperti tagihan kartu kredit dan tagihan timbul di masa depan (future receivables). EBA memiliki manfaat yakni menjadi alternatif dari pemilihan investasi jangka panjang berupa surat berharga dengan rating yang terbaik dengan cara pada pemilihan KPR hanya yang berkualitas juga.

Ngomong tentang investasi Obligasi balum lengkap jika belum ada contoh congritnya. Misalnya yaitu ketika pemerintah menjual surat hutang untuk memenuhi kebutuhan dana dari pembangunan infrastruktur daerah kemudian kita membeli obligasi tersebut. Obligasi ini sendiri sebenarnya bermacam-macam harganya, sebagai contoh kita ambil di harga Rp. 1.000.000,00.

Dari harga tersebut nantinya kita akan memperoleh bunga atau kupon yang akan dibayarkan oleh pemerintah dengan waktu yang telah dijanjikan, misalnya pemerintah tersebut memberikan bunga 10% per tahun atau per bulan sesuai kesepakatan, maka kita akan memperoleh 10% dari 1.000.000 tiap tahunnya atau juga bisa dibayarkan total saat sudah jatuh tempo. Intinya dari Obligasi ini adalah kita meminjamkan uang kepada sebuah perusahaan/pemerintahan, kemudian pihak yang memiliki obligasi ini mengembalikan uang kita dengan bunga yang sudah ditentukan sebelumnya.

Menurut saya investasi obligasi ini cocok buat kita yang ingin memulai untuk berinvestasi, karena investasi Obligasi memiliki resiko yang rendah dibandingkan dengan investasi saham. Begitu juga dengan nilai keuntungan yang di dapat, investasi obligasi memiliki profit value yang lebih rendah juga daripada saham. Jadi untuk investasi, obligasi mudah untuk diprediksi karena outcome yang akan kita terima sudah jelas sesuai dari kesepakatan.

 Berikutnya kita bahas tentang saham, saham dapat didefinisikan sebagai instrumen keuangan yang mengacu kepada  kepemilikan sebuah perusahaan. Namun jika disederhanakan lagi arti dari saham adalah sebuah bukti kepemilikan perusahaan yang bentuknya berupa selembar kertas.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x