Mohon tunggu...
Irmina Gultom
Irmina Gultom Mohon Tunggu... Apoteker - Apoteker

Pharmacy and Health, Books, Travel, Cultures, Photography | Author of What You Need to Know for Being Pharmacy Student (Elex Media Komputindo, 2021) | Best in Specific Interest Nominee 2021 | UTA 45 Jakarta | IG: irmina_gultom

Selanjutnya

Tutup

Healthy Artikel Utama

Memilih Obat Batuk yang Tepat Saat Swamedikasi

19 Agustus 2022   09:12 Diperbarui: 19 Agustus 2022   13:45 583 23 9
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Sumber ilustrasi: Edward Jenner via pexels.com

Saat musim pancaroba tiba, adalah saat di mana cuaca suka tidak menentu. Kadang cerah dan panas, kadang dingin dan hujan. Kadang mendekat, kadang menjauh kayak mereka yang hobinya ghosting tuh.. Eehhhh, kok malah curcol!

Perubahan cuaca, suhu, dan kelembaban lingkungan ini sering kali membuat tubuh kita 'bingung'. 

Bagi mereka yang imunitasnya sedang tidak maksimal, kerap menjadi rentan untuk terserang virus/bakteri dan mengalami gejala 'tiga serangkai' yakni demam, batuk, dan pilek.

Dari ketiga gejala ini, jujur saya paling merasa terganggu dengan batuk. Kenapa? 

Batuk membuat saya lelah, tidak bisa tidur, dan sedikit banyak membuat orang di sekitar saya merasa terganggu karena suaranya.

Apalagi di zaman pandemi Covid19 ini. Setiap orang yang batuk, seolah jadi tersangka pengidap Covid19. Semua mata tertuju ke arah mereka yang batuk, dengan pandangan curiga bercampur takut.

Yah padahal bisa saja kan, orang itu batuk karena tersedak sambal batagor kayak saya. Pembaca yang pernah tersedak sambal, pasti tahu dong bagaimana 'makjang'-nya sensasi itu? Hihi..

Anyway, ada banyak sekali hal-hal yang menyebabkan kita batuk. Jadi sebenarnya batuk itu apa sih? Penyakit atau gimana?

Sekilas tentang Batuk

Sebetulnya, batuk merupakan suatu bentuk reaksi refleks alami tubuh sebagai bagian dari sistem pertahanan tubuh untuk melindungi saluran pernafasan dari benda asing.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan