Mohon tunggu...
Irmina Gultom
Irmina Gultom Mohon Tunggu... Apoteker - Apoteker

Pharmacy and Health, Books, Travel, Cultures | Author of What You Need to Know for Being Pharmacy Student (Elex Media Komputindo, 2021) | Best in Specific Interest Nominee 2021 | UTA 45 Jakarta | IG: irmina_gultom

Selanjutnya

Tutup

Hobby Pilihan

Finally, It's Officially Published!

4 Agustus 2021   13:05 Diperbarui: 4 Agustus 2021   13:09 307
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Cover Buku (Dokumentasi pribadi)

Bagi Kompasianer yang pernah membaca beberapa tulisan saya mengenai hobi saya menulis dan baca buku, pasti tahu bahwa saya pernah punya keinginan untuk menerbitkan buku yang saya tulis sendiri.

Dari sekian banyak buku yang sudah pernah saya baca, saya jadi bertanya-tanya bagaimana rasanya memiliki buku hasil karya sendiri yang dibaca banyak orang. Wah pasti happy-nya bukan main, pikir saya.

Maka jadilah saya memiliki impian untuk menulis buku. Pertanyaannya topik apa yang harus saya tulis?

Menentukan Topik

Awalnya saya agak bingung ingin menulis tentang apa. Tentunya saya harus cermat dalam mencari topik untuk ditulis, supaya bisa menarik minat pembaca. Saya pernah beberapa kali mencoba menulis cerita fiksi atau novel, karena buku-buku seperti ini biasanya tidak ada matinya. Tapi entah kenapa saya selalu kehabisan ide begitu sudah setengah jalan, meskipun saya sudah membuat outline sedemikian rupa.

Biasanya saat mulai menulis, pikiran saya sangat lancar mengembangkan ide-ide yang sudah saya pikirkan. Saya bisa berhasil menulis beberapa bab dalam satu malam. Tapi berhubung saya adalah seorang MMK alias Mbak-mbak Kantoran yang kadang kerjaannya suka menyita waktu dan tenaga, saya sering menunda tulisan yang sudah sempat saya mulai.

Lama-kelamaan feel saya untuk melanjutkan tulisan tadi jadi hilang. Outline yang sudah saya buat pun tidak bisa saya kembangkan alias macet. Kalau sudah begini, biasanya saya mencari topik lain. Tapi ujung-ujungnya ide saya mentok lagi, dan terus saja begitu hingga akhirnya ada sekian banyak tulisan yang saya buat tapi tidak selesai.

Saya sempat hopeless karena berpikir, saya memang tidak berbakat untuk menulis novel. Tapi teman-teman Kompasianer selalu menyemangati saya, bahwa suatu hari saya pasti bisa menulis setidaknya satu buku.

Kemudian suatu hari ide itu muncul ketika saya menulis satu artikel di Kompasiana tentang perkuliahan farmasi yang pernah saya tempuh. Jadi, kenapa saya tidak menulis tentang kehidupan dan seluk-beluk perkuliahan farmasi?

Apalagi selama ini banyak adik-adik kelas maupun orangtua yang bertanya kepada saya, seperti apa kuliah farmasi itu. Saya berpikir, kalau saya bisa menulis tentang dunia perkuliahan farmasi yang mungkin belum banyak dikenal orang, pasti akan sangat membantu dan bisa memberi semangat bagi mereka yang sedang galau dalam menentukan jurusan perkuliahan. Maka mantaplah sudah keinginan saya untuk menerbitkan buku pertama saya, yakni mengenai perkuliahan farmasi.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Hobby Selengkapnya
Lihat Hobby Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun