Mohon tunggu...
Irmina Gultom
Irmina Gultom Mohon Tunggu... Apoteker

A Pharmacist who love reading, traveling, photography, movies and share them into a write | Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta | IG: https://www.instagram.com/irmina_gultom/ | https://marvelousthings250552759.wordpress.com/

Selanjutnya

Tutup

Travel Artikel Utama

Hal-hal yang Tidak Harus Kamu Lakukan Saat Traveling

2 September 2019   08:37 Diperbarui: 2 September 2019   10:09 0 13 4 Mohon Tunggu...
Hal-hal yang Tidak Harus Kamu Lakukan Saat Traveling
Ilustrasi: chopra.com

"Eh menurut lo gimana? Pas cuti ini kan gue ceritanya mau ke negara A. Tapi temen-temen gue yang lain bilang, kalo ke A aja sayang. Sekalian aja mampir ke negara B soalnya tetanggaan", tanya seorang teman saya saat kami makan siang bersama.

"Yaudah, kalo tertarik ke negara B ya mampir aja", jawab saya sekenanya.

"Tapi kalo gue ke negara B, cuti gue gak cukup kalo bela-belain transport lebih murah. Bisa aja sih, tapi gue harus pakai direct flight dan tiketnya lumayan mahal supaya nantinya gue keburu ke negara B. Apalagi di negara A banyak juga yang mau gue kunjungin."

Oke, cukup sampai di sini saja percakapannya, karena kalau saya tulis semua percakapan ini sampai selesai, bisa-bisa tulisan saya kali ini jadi naskah sinetron yang gak kelar-kelar macam di televisi.

Apa yang mau saya share dari cuplikan pembicaraan saya dan teman saya tadi adalah, supaya kita jangan terlalu banyak keinginan saat mau traveling. Terutama jika sebenarnya kita sudah tahu keterbatasan kita, misalnya dana atau waktu.

Saat ini memang kelihatannya traveling sudah menjadi salah satu kebutuhan sekunder. Mau ke luar kota atau ke luar negeri, at least dalam waktu setahun maunya kita pergi ke suatu tempat untuk berlibur dan me-recharge diri dari rutinitas.

Bagi mereka yang memang pekerjaannya traveling sih tidak perlu dibahas ya. Biasanya mereka memiliki lebih banyak waktu untuk exploring destinasi yang dikunjungi dan mereka sudah sangat jelas mengetahui apa yang ingin mereka cari.

Tapi bagi mereka yang kebetulan punya rutinitas pekerjaan, tentunya waktu yang dimiliki untuk traveling terbatas. Dan bisa jadi juga dananya pun terbatas. Oleh sebab itu saat traveling, penting sekali supaya kita benar-benar memilih apa yang ingin kita lihat, kita kunjungi, kita coba, kita beli, kita rasakan dan lainnya.

Well, sejujurnya ini berdasarkan pengalaman saya sendiri dan kebetulan saya terapkan juga ke diri sendiri supaya saya tahu diri. Ada tujuh hal yang tidak harus kita lakukan saat traveling. Apa saja itu?

1. Tidak semua pendapat orang harus didengar tentang negara/daerah mana yang harus kamu kunjungi.
Ini seperti contoh obrolan dengan teman saya tadi. Saat ingin memutuskan destinasi mana yang mau kita kunjungi, baik itu dalam maupun luar negeri, sebaiknya diusahakan untuk tidak terlalu menuruti kata orang.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
KONTEN MENARIK LAINNYA
x