Mohon tunggu...
Irmina Gultom
Irmina Gultom Mohon Tunggu... Apoteker

A Pharmacist who love reading, traveling, photography, movies and share them into a write | Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta | IG: https://www.instagram.com/irmina_gultom/ | https://marvelousthings250552759.wordpress.com/

Selanjutnya

Tutup

Fesyen Artikel Utama

Pentingnya Penampilan di Tempat Kerja

17 Juni 2019   17:58 Diperbarui: 18 Juni 2019   10:48 0 12 6 Mohon Tunggu...
Pentingnya Penampilan di Tempat Kerja
Ilustrasi: kamdora.com

"Gue heran lo tiap pagi bangun jam berapa deh? Sempet-sempetnya nata rambut kayak gitu?" celetuk salah satu rekan kerja saya semasa di kantor lama dulu. Kalau di kantor, saya memang selalu berusaha menata rambut sedemikian rupa supaya tidak mengganggu pandangan. Minimal sanggul biasa atau kepang seribu.

Tidak hanya bertanya soal rambut, mereka juga keheranan saya selalu pakai rok ke kantor. "Gak ribet apa kalau naik kereta?"

Bahkan mereka juga heran karena saya selalu memakai sepatu hak tinggi di ruangan (ya, gak tinggi-tinggi amat sih) meski hari itu saya tidak ada jadwal keluar kantor, sementara yang lain dengan santainya hanya memakai sepatu karet yang super nyaman. "Orang seharian di ruangan juga, gak ke mana-mana" kata mereka.

Di samping performa kerja, sikap, dan tingkah laku, penampilan juga menjadi suatu hal yang penting yang perlu diperhatikan seorang pekerja. Gaya berpakaian di kantor (indoor) atau lapangan (outdoor) tentunya berbeda sehingga harus kita sesuaikan supaya tidak saltum alias salah kostum.

Salah kostum nyatanya bisa memengaruhi psikologis sebagian orang seperti tidak percaya diri dan insecure (merasa tidak aman). Akibatnya hal ini akan memengaruhi mood hingga menurunkan performa kerja.

Jadi karena kebetulan saya bekerja di kantoran dan berangkat dari pengalaman seperti yang sudah saya ceritakan di atas, maka opini yang akan saya uraikan dalam artikel ini tentunya akan lebih berkaitan dengan lingkungan perkantoran.

Mengapa penampilan menjadi hal yang penting di tempat kerja?
Bagi sebagian orang mungkin berpendapat bahwa penampilan bukanlah suatu hal yang penting di tempat kerja. Tidak masalah berpenampilan santai, yang penting performa kerja bagus, target tercapai sesuai deadline, perusahaan maju, dan transferan gaji lancar.

Namun seperti yang sudah saya singgung di atas, penampilan dan cara berpakaian juga memiliki pengaruh tersendiri dalam budaya kerja. Dan saya merumuskan empat alasan untuk menjawab pertanyaan di atas:

1. Kesan Pertama hanya satu kali
"Don't judge the book by its cover". Frasa super terkenal ini seringkali diucapkan supaya jangan hanya menilai seseorang berdasarkan penampilan luarnya saja. Tapi coba bertanya pada diri sendiri, apakah kita selalu menerapkan pemikiran semacam itu pada setiap orang ketika melihat mereka pertama kalinya?

Ilustrasi: forbes.com
Ilustrasi: forbes.com

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
KONTEN MENARIK LAINNYA
x