Wisata

Mengenal 8 Jenis Akomodasi di Jepang

12 Januari 2018   15:44 Diperbarui: 12 Januari 2018   18:08 500 1 0

Ketika merencanakan pergi ke Jepang, sudah tentu pemilihan tempat penginapan yang paling utama di cari. Jepang salah satu negara yang menawarkan tempat penginapan yang beragam, dari yang tradisional hingga modern bisa ditemukan disini. Berikut penjelasan singkatnya jenis-jenis akomodasi di Jepang.

1. Hotel dan Business Hotel

Biasanya hotel-hotel di Jepang dekat dengan stasiun dengan tawaran harga yang  beragam. Kamu bisa menemukan harga yang relative murah, tapi gak jarang juga kamu bisa menemukan hotel dengan harga yang start awalnya saja mencapai 10.000 yen. 

Hotel yang bertarif tingi tersebut biasanya deKat dengan tempat wisata, selain fasilitasnya yang lengkap, pengunaan bahasa inggris untuk komunikasi disana tidak masalah.  

Untuk hotel dengan harga lebih terjangkau kamu bisa memilih Business Hotel, contoh Toyoko Inn, APPA Hotel, Dormy inn. Harga yang ditawarkan sekitar 5000 yen hingga 10.000 yen (terkadang termasuk breakfast). 

Luas kamarnya sangat kecil sampai koperpun susah masuk, tapi jika hanya untuk tidur stay di Business Hotel bisa menjadi pilihan. Ohya, untuk catatan  biasanya jika lokasi hotelnya bagus, mudah sekali penuhnya. Jadi harus cepet cepetan booking yah. 

2. Ryokan dan Minshuku

Bila kamu mempunyai dana lebih dan ingin merasakan bermalam dengan suasana yang kental Jepang, kamu bisa memilih menginap di Ryokan atau Minshuku.

 Dengan harga paling murah 15.000 yen kamu bisa mendapatkan pengalaman menginap di Ryokan, Ryokan menyediakan ruangan dengan perangkat tidur tradisional Jepang yang biasa disebut futon dan beralaskan tikar tatami. 

Fasilitas lain biasanya mereka menyedakan onsen atau tempat pemandian air panas, kamu bisa berendam dan relax disana. Kamu juga akan mendapatkan hidangan lezat untuk  dinner dan breakfast langsung diantar ke kamarmu. 

Tidak beda jauh dengan Ryokan, Minshuku adalah versi termurahnya karena biasanya penginapan milik keluarga,  kamu cukup membayar sekitar 5000 - 10.000 yen untuk menginap disini dengan fasilitas yang sama

Noted : biasanya penginapan-penginapan tersebut letaknya di luar kota, dan mereka sebagian besar tidak bisa menggunakan bahasa inggris

3. AirBnB

AirBnb adalah pilihan yang lagi populer di  kalangan turis asing untuk menginap selama di Jepang. Yang belum tahu, konsep dari AirBnb adalah hunian pribadi yang disewakan, biasanya apartemen/ruangan  dengan harga yang disesuaikan dan biasanya terjangkau. 

Jika kamu kebetulan bisa tinggal dengan orang lokal Jepang, itu lebih menyenangkan karena pasti mendapatkan pengalaman baru. Segera kunjungi websitenya untuk mendapatkan penawaran-peawaran terbaik.

4. Hostels dan Guest House

Untuk yang suka backpackeran kamu boleh mencoba fasiitas ini. Selain harganya cukup murah yaitu sekitar 1500 - 6000 yen kamu bisa berkenalan dengan traveler lain, karena biasa nya fsilitas penginapan ini sharing kamar mandi dan dapur. 

Nah, kali aja bisa ketemu jodoh disini. Tapi jangan kuatir, ada beberapa Hostels yang mempunyai fasilitas kamar mandi atau dapur sendiri, dengan harga yang lebih mahal tentunya. Selain itu hampir pelayanan ini adalah self service dan kurang aman ya pemirsa jadi harus ekstra hati-hati.

5. Apartemen

Jika kamu berencana untuk stay jangka panjang, boleh mencoba fasilitas ini. fasiltas yang ditawarkan yaitu suasana seperti di rumah, perabotan lengkap dan harga lebih murah dari hotel. 

Tapi ingat, cost performance di Jepang tidak sebaik negara lain, aturan yang lebih ketat dan harus adanya uang jaminan serta uang kebersihan bisa menjadi pertimbangan masak-masak sebelum memutuskan untuk menginap di apartemen. Jadi tinggal di apartemen bukan jaminan untuk berhemat.

6. Capsule Hotels

Apabila kamu mempunyai jiwa backpackeran yang tinggi serta tidak masalah tinggal di ruangan kecil (sampai koper pun tidak bisa masuk), kamu bisa mencoba akomodasi jenis ini.

Dengan lokasi yang biasanya letaknya strategis dan kamu hsnys membayar 2000 - 5000 yen saja. Biasanya lantai pria dan wanita terpisah, tapi kenyamanan bisa sedikit terganggu karena banyak orang mabuk yang menginap disini. 

7. Loves Hotel

Melihat namanya saja sudah ketebak dong jenis apa hotel ini? Ya, betul! Hotel yang dikhususkan untuk pasangan yang ingin prvate time.Hampir tiap kamar bentuknya unik dan ada tema-tema khususnya. 

Kamar jenis ini bisa di bookinguntuk jam-jam an atau semalaman. Harga yang ditawarkan pun sedikit berbeda, yaitu sekitar 8000 yen - 10,000 yen. Banyak hal menarik dan menyenangkan yang bisa kita temukan walaupun kesana hanya untuk tidur dan bukan untuk intimate thingsdengan pasangan. 

8. Internet & Manga Cafe

Mau yang lebih ekstrim?? Jika tidur sambil duduk bukan jadi masalah gak perlu menghabiskan uang untuk tidur di hotel.  Kamu bisa pergi ke Internet Cafe atau Manga Cafe untuk menghabiskan malam. 

Cukup dengan masukan beberapa koin, kamu akan mendapatkan kabinet yang berisi PC, dan bisa tidur sejenak disana. Cukup ekstrim kan?