Mohon tunggu...
Irma DianPratiwi
Irma DianPratiwi Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswa

Sukses didapat dari kerjakeras

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

KKN 45 UPNVJT Bantu UMKM Kembangkan Usaha Saat Pandemi dengan Digital Marketing

1 Agustus 2021   19:37 Diperbarui: 1 Agustus 2021   19:46 78 1 4
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
KKN 45 UPNVJT Bantu UMKM Kembangkan Usaha Saat Pandemi dengan Digital Marketing
Dokumen pribadi

Aknolt Kristian Pakpahan menyebutkan ada tiga implikasi bagi Indonesia terkait pandemi COVID-19 ini yakni sektor pariwisata, perdagangan, dan investasi (Pakpahan, 2020). Indonesia yang didominasi oleh keberadaan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) sebagai tulang punggung perekonomian nasional. Salah satu usaha masyarakat yang terdapat di Kelurahan Cemengkalang ialah UMKM Susu Sapi Murni UD. 

Baqoroh Joyo. Dalam upaya pemberdayaan di masa pandemi ini, pelaku UMKM harus menerapkan strategi jitu guna dapat bertahan di masa pandemi ini. Sebagai tindak nyata, Kelompok KKN 45 Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur yang melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Kelurahan Cemengkalang dan melaksanakan pelatihan juga pendampingan dalam penggunakan marketplace agar tetap dapat menjalankan usahanya.

Dalam memberikan pelatihan ini kami memberikan beberapa materi yaitu yang pertama Pengenalan pentingnya penggunaan marketplace untuk meningkatkan pemasaran dan pendapatan sebuah usaha. Dalam materi tersebut, diberikan pemaparan mengenai alternatif pemasaran produk melalui marketplace seperti GoFood dan Shopee Food. 

Selain itu juga diberikan penjabaran mengenai jenis-jenis e-commerce sehingga mitra dapat melihat peluang pemasaran yang lebih luas. Dalam pemaparan materi, penjelasan mengenai marketplace GoFod. Dalam hal ini, diberikan pula contoh-contoh aplikasi e-commerce lain yang dapat dimanfaatkan seperti Tokopedia, Bukalapak, dan Lazada.

Materi yang kedua adalah membantu melakukan Pendaftaran e-commerce susu sapi hasil poduksi UMKM melalui GoFood secara Online melalui aplikasi Go-Biz dan pendaftaran di Shopee Food. Adapun tahapan untuk melakukan pendaftaran e-commerce yaitu :

Registrasi

Registrasi merupakan proses awal dari pendaftaran dalam suatu program yang berfungsi untuk menghubungkan data pada program tersebut. Dalam registrasi GoFood dan Shopee Food ada beberpa informasi yang harus diunggah untuk menyelesaikan tahap registrasi, yaitu : Identitas Pemilik, Informasi Rekening Bank, Informasi Usaha, Informasi Outlet, Pilihan Layanan.

Verifikasi

Tahap ini merupakan tahap lanjutan dari tahap registrasi, dimana data yang sudah diunggah pada tahap selanjutnya akan dilihat bukti keaslian datanya.

Aktivasi

Setelah data dianggap telah benar dan memenuhi syarat yang ditentukan, maka pendaftaran telah diterima. Selanjutnya yang perlu dilakukan adalah tahap aktivasi. Tahap ini berarti mitra sudah bisa mengelola toko yang telah didaftarkan di e-commerce.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan