Pada kesempatan sebelumnya (bagian-1) dari judul yang sama, saya menuliskan: Jika Anda seorang pengusaha/pedagang yang akan memanfaatkan medsos sebagai media pemasaran usaha Anda, atau Anda seorang dropshiper/afiliator pemula, maka yang perlu Anda lakukan adalah mengetahui perbedaan masing-masing platform medsos dan juga mengenal segmentasi/klasifikasi (pengelompokkan) pengguna medsos, sehingga produk/dagangan yang Anda tawarkan tepat pangsa pasarnya. Â
# Perbedaan masing-masing platform medsos (fb, twitter, ig, wa)Â
sudah saya bahas pada bagian-1, klik link ini
# Fasilitas yang disediakan platform medsos untuk mempromosikan produk/dagangan
Dari penjelasan beberapa platform medsos di atas, diantara mereka (platform medsos) menyediakan fasilitas-fasilitas yang mendukung penawaran produk/dagangan Anda.
FB memiliki fasilitas marketplace yang memungkinkan pengguna FB melihat produk yang Anda tawarkan dengan lancar dan tersistem. IG memiliki fasilitas Instagram ads yang memungkinkan Anda mempromosikan produk melalui layanan iklan IG, Sehingga produk tersebut dapat menjangkau pengguna IG secara luas.
Sama halnya seperti IG, Twitter pun memiliki Twitter Ads yang dapat membantu mempromosikan produk anda untuk mendapatkan pelanggan potensial dari pengguna twitter berdasarkan kategori dan minat. Di twitter Anda juga dapat memanfaatkan penggunaan tagar/hashtag yang sedang trending, caranya cukup mudah hanya dengan menambahkan tagar/hashtag yang sedang trending pada cuitan Anda, sehingga memungkinkan pengguna twitter yang melihat trending topic tersebut akan melihat tweets produk/dagangan yang Anda tawarkan.
Dan terakhir, fasilitas penawaran produk yang dimiliki WA adalah WhatsApp Bussiness, sebuah aplikasi yang didesain untuk pemilik bisnis kecil. WhatsApp Business akan membuat interaksi Anda dengan pelanggan menjadi lebih mudah dengan menyediakan fitur-fitur untuk mengautomasi, menyortir, dan membalas pesan dengan cepat. Beberapa fitur yang tersedia seperti profil bisnis, katalog, label, dan fitur perpesanan untuk merespons pelanggan dengan cepat secara otomatis.
Nah, dari penjelasan-penjelasan singkat di atas, silahkan tentukan platform medsos mana cocok dengan karakter produk Anda dan akan Anda gunakan dan manfaatkan dalam rangka membantu pemasaran produk dan usaha Anda, Anda bisa memanfaatkan lebih dari satu platform medsos untuk pemasaran produk Anda, tentunya dengan kelebihan dan kekurangan masing-masing.
Semoga tulisan ini bisa memberi manfaat untuk Anda lebih mengenal segmentasi/klasifikasi (pengelompokkan) pengguna tiap platform medsos, sehingga produk/dagangan yang Anda tawarkan tepat pangsa pasarnya dan bisa lebih maksimal hasilnya.
Selesai, Wallahu A'lam...
Penulis receh KBC-53