Mohon tunggu...
Irhamna  Mjamil
Irhamna Mjamil Mohon Tunggu... Apoteker - A learner

Pharmacist | Skincare Enthusiast | Writer Saya bisa dihubungi melalui email : irhamnamjamil@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Worklife Artikel Utama

Tak Melulu Produktif, 3 Kemalasan Ini Wajib Hukumnya Kamu Lakukan

18 Juni 2022   17:28 Diperbarui: 2 Juli 2022   21:02 519 24 3
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilustrasi bersantai di rumah. (sumber: PEXELS/ARTEM PODREZ via kompas.com)

Media sosial tak ubah bagai pisau bermata dua. Terlebih di era sekarang, anak muda dituntut untuk memiliki "kesuksesan" di usia muda. Umur 25 harus punya tabungan 100 juta, umur 25 udah harus punya mobil. Rasanya media sosial menuntut kita untuk "kerja kerja kerja agar cepat sukses". Apa iya kita harus selalu produktif tanpa boleh rebahan dan malas-malasan? 

Hustle culture itu benar adanya... 

"Bro, hari Minggu mau ngapain? Liburan kuy!"

"Gak ah, aku harus kerja sampingan" 

Pasti sering kan mendengar jawaban seperti ini ? Tentunya ini akan membuat kita berpikir apa aku terlalu santai ya menjalani hidup ? 

Hustle culture adalah budaya kerja yang terlalu keras melewati kemampuan yang kita miliki. Tentu saja kerja keras ini bertujuan agar kita bisa mencapai kesuksesan, kemakmuran, kekayaan secepat mungkin. 

Rasanya jika kita sehari saja rebahan sambil maraton drama Korea, kita akan dinobatkan sebagai manusia malas. Hustle culture ini bisa saja disebabkan oleh lingkungan dan media sosial. 

Lingkungan menuntut kita untuk jadi anak muda yang harus cepat suksesnya. Bayangkan kalau umur 26 tahun kita masih bekerja dengan gaji UMR, pasti akan banyak nyinyiran yang sering kita dengar. 

Padahal di satu sisi, lebih baik bekerja dengan gaji UMR, dibandingkan tidak bekerja sama sekali ? 

Ditambah lagi, adanya media sosial yang sering dianggap sebagai platform pamer pencapaian. Ada orang yang baru umur 25 udah nikah, udah bisa beli rumah. 

Ada juga yang baru berumur 25 udah punya karir yang mapan. Rasanya hidup kita tertinggal sekali dibandingkan orang-orang ketika membuka media sosial. 

Foto oleh ANTONI SHKRABA
Foto oleh ANTONI SHKRABA

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Worklife Selengkapnya
Lihat Worklife Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan