Mohon tunggu...
Irhamna  Mjamil
Irhamna Mjamil Mohon Tunggu... Apoteker - Februari 1996

Pharmacist | Skincare Enthusiast | Writer Saya bisa dihubungi melalui email : irhamnamjamil@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan Artikel Utama

Simak, 4 Tips Menjaga Berat Badan di Tengah Pandemi

11 September 2021   15:22 Diperbarui: 11 September 2021   23:22 423 19 2
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Simak, 4 Tips Menjaga Berat Badan di Tengah Pandemi
Ilustrasi Berat Badan, Foto oleh Ketut Subiyanto dari Pexels

Di tengah pandemi, aktivitas banyak orang lebih banyak di rumah saja. Hal tersebut dilakukan untuk menghentikan penyebaran virus covid-19 yang masih saja ganas. Tentu saja tak bisa dipungkiri jika di rumah saja dapat membuat berat badan kita naik. 

Salah satu penyebab mengapa berat badan mudah sekali naik di tengah pandemi adalah tidak banyak melakukan aktivitas dan jarang berolahraga. Terlebih di tengah kebosanan karena di rumah saja membuat kita tak sadar makan secara berlebihan.

Naiknya berat badan ini sangat berbahaya bagi kesehatan.Penelitian menunjukkan bahwa mereka yang memiliki obesitas lebih beresiko mengalami gejala covid-19 yang parah. Hal ini bisa terjadi karena obesitas menyebabkan gagalnya fungsi sistem imun untuk memerangi covid-19. 

Lantas bagaimana caranya menjaga berat badan di tengah pandemi ?

Yuk, simak 4 tips menjaga berat badan di tengah pandemi!

1. Makanan sehat 80, makanan tidak sehat 20

Tentu tak sanggup rasanya jika harus memakan buah-buahan atau sayur-sayuran seumur hidup tanpa lauk lainnya. Sebenarnya makanan yang berlemak atau mengandung gula yang tinggi sah-sah saja jika kita ingin konsumsi namun, harus dibatasi jumlah dan frekuensinya. 

Gaya hidup sehat bukan berarti tidak boleh memakan fast food. Fast food tetap boleh dikonsumsi misal hanya sekali dalam sebulan. Begitu pula dengan minuman boba kekinian yang memiliki kadar gula yang tinggi. 

Mengonsumsi 20 persen makanan yang tidak sehat artinya memberi kesempatan kita untuk menikmati hidup. Selain itu, untuk menghindari dari rasa bosan karena terus-menerus mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi. 

Foto oleh Trang Doan dari Pexels
Foto oleh Trang Doan dari Pexels

2. Mengubah cara penyajian

Sering kali kita tidak menyukai sayuran atau buah-buahan karena rasanya yang tidak enak. Oleh karena itu, ubah cara penyajian agar makanan terasa nikmat. Contohnya jika kita tidak menyukai pisang namun, menyukai susu maka bisa menyajikan dalam bentuk smoothies

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Kesehatan Selengkapnya
Lihat Kesehatan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
LAPORKAN KONTEN
Alasan