Mohon tunggu...
Irhamna  Mjamil
Irhamna Mjamil Mohon Tunggu... Apoteker - A learner

Pharmacist | Skincare Enthusiast | Writer Saya bisa dihubungi melalui email : irhamnamjamil@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Lyfe Pilihan

Pandemi Juga Punya Banyak Sisi Positif

28 Juni 2021   17:03 Diperbarui: 28 Juni 2021   17:20 217
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Foto oleh Anna Shvets dari Pexels

Sejujurnya saya rindu sekali berpergian dengan menggunakan pesawat, merindukan ramainya bandara. Tak usah jauh-jauh ke negeri seberang, liburan ke luar kota juga saya rindukan. Sayangnya keadaan sedang tak memungkinkan, virus covid-19 makin ganas saja dari hari ke hari. 

Beberapa minggu belakangan untuk mengobati kerinduan akan berpergian. Saya menonton vlog lama para youtuber saat mereka bepergian ke luar negeri. Ada sensasi menyenangkan melihat mereka mengeksplorasi berbagai tempat. 

Tak hanya itu melihat mereka berbelanja oleh-oleh membuat saya nostalgia. Dulu setidaknya dalam setahun ada beberapa kali liburan. Terlebih saya pernah jalan-jalan bersama dengan teman sebaya sambil berburu oleh-oleh. 

Menonton vlog mereka memiliki sensasi tersendiri. Hiburan kala pikiran sudah jenuh dengan kondisi ini. Untungnya pikiran saya masih bisa diajak berdamai dengan kondisi ini. 

Kondisi yang membuat setiap orang harus bertahan di tengah ketidakpastian. Segala sesuatu pasti punya hal negatif begitu pula hal positif, ada beberapa hal positif dari pandemi yang bisa kita ambil pelajarannya. 

1. Punya pekerjaan utama itu baik namun, jangan lupa pekerjaan sampingan. 

Ada banyak orang yang kehilangan pekerjaan saat pandemi melanda. Banyak juga usaha yang harus tutup. Tentu saja ini sangat berdampak pada perekonomian dari berbagai bidang. 

Adanya pandemi ini memberi pelajaran bagi banyak orang tentang pentingnya pekerjaan sampingan. Ibarat sebuah meja, tentu akan lebih kokoh jika ada 2 tiang penyangga. 

Di era digital ada banyak sekali pekerjaan sampingan yang bisa dikerjakan. Teman saya seorang ASN malah memiliki profesi sampingan sebagai youtuber. Ada juga yang memiliki pekerjaan sampingan dengan berjualan di media sosial. 

2. Hal yang tidak kita sukai, bisa jadi hal yang kita syukuri. 

Ternyata ada banyak hal yang saya tidak sukai malah saya rindukan kala pandemi. Saya benci sekali dengan macet di pagi hari. Ketika pandemi ada justru hal tersebut saya rindukan. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Lyfe Selengkapnya
Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun