Mohon tunggu...
Irhamna  Mjamil
Irhamna Mjamil Mohon Tunggu... Februari 1996

Pharmacist | Skincare Enthusiast | Writer Saya bisa dihubungi melalui email : irhamnamjamil@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Sehat dan Gaya Pilihan

Ini Kisah Ramadhan Keluargaku bersama KOJIMA

4 Mei 2021   22:47 Diperbarui: 4 Mei 2021   23:04 410 4 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Ini Kisah Ramadhan Keluargaku bersama KOJIMA
KOJIMA, sumber gambar : dokumen pribadi

Ramadhan kali ini masih dalam kondisi pandemi. Tentu saja isu menjaga kesehatan masih menjadi pembicaraan hangat. Terlebih di penyebaran virus covid-19 menjadi lebih masif. 

Ramadhan di tengah pandemi berarti harus lebih ekstra untuk menjaga kesehatan dan kebersihan. Adanya ancaman mutasi baru virus covid-19 yang semakin mudah menular membuat masyarakat lebih gencar menjaga kesehatan dan kebersihan. Selain memakai masker, menjaga jarak, dan rutin mencuci tangan. Tentu saja di bulan ramadhan kali ini gaya hidup sehat hukumnya wajib untuk diterapkan. Ada beberapa gaya hidup sehat yang dapat diterapkan di bulan puasa, yaitu : 

1. Minum Air Putih yang Cukup. 

Meminum air putih yang cukup kala ramadhan dan pandemi sangat penting dalam menjaga kesehatan. Tubuh manusia terdiri dari 60 persen air. Fungsi dari air tersebut bermacam-macam, salah satunya untuk menjaga kelembaban. 

Darah manusia sendiri mengandung 90 persen air. Salah satu fungsi darah adalah membawa nutrisi dan sirkulasi oksigen ke seluruh tubuh. Tidak minum air dalam jumlah yang cukup tentu akan menganggu fungsi tersebut. Di bulan ramadhan cara meminum air bisa mengikuti rumus 2 4 2, yaitu 2 gelas air putih saat berbuka, 4 gelas air putih sebelum sholat isya hingga menjelang tidur, dan 2 gelas lainnya saat sahur. 

2. Istirahat yang Cukup. 

Saat ramadhan banyak orang berlomba-lomba mencari pahala di malam hari namun, kesehatan tetap harus dijaga. Teman saya jatuh sakit karena bergadang saat bulan puasa, tentunya kita tak ingin sakit bukan di bulan yang penuh berkah ini? Tidur dengan waktu 6-8 jam tetap perlu untuk menjaga tubuh tetap sehat dan tidak rentan terkena infeksi. 

3. Tetap Berolahraga Ringan. 

Olahraga ringan di saat puasa bisa dilakukan. Contoh olahraga ringan yang dapat dilakukan adalah berjalan kaki, membersihkan rumah, dan lain sebagainya. Olahraga ringan ini sangat penting terlebih di saat pandemi. Orang yang jarang olahraga lebih gampang stres sehingga rentan terkena infeksi. Nah, dengan berolahraga selain dapat membuat tubuh sehat, juga dapat membuat tubuh mengeluarkan hormon endorfin. Hormon ini membuat tubuh lebih relaks.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x