Mohon tunggu...
Muhammad Irham Maulana
Muhammad Irham Maulana Mohon Tunggu... Mahasiswa - Hidup Untuk Menulis dan Menulis untuk Menghidupkan. Mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris. UIn Maliki Malang

Jangan biarkan kata-kata bersarang di kepala. Biarkan ia menyelinap ke dalam kertas dan berkelana di halamannya.

Selanjutnya

Tutup

Worklife Pilihan

4 Kalimat Membuat Kamu Terlihat Cerdas di Mata Orang Lain

10 November 2022   17:13 Diperbarui: 10 November 2022   18:35 123
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
This photo taken from pexels.com

            4 Kalimat Membuat Kamu Cerdas di Mata Orang Lain

Kecerdasan merupakan kualitas prospek yang  ingin ditonjolkan oleh siapa saja meski tidak dikatakan secara langsung. Prospek kualitas ini memberi keuntungan dan mental percaya diri bagi pemiliknya pada semua aspek kehidupan, terutama dalam soal karir ataupun relasi sosial

Dalam hal karir, kecerdasan mampu membawa seseorang diprioritaskan oleh orang lain karena ide atau gagasannya yang unik. Sementara, hubungan relasi sosial menempatkannya sebagai orang yang terdidik dan punya banyak pengalaman.

Mengenali dan menilai apakah seseorang itu cerdas bisa dilakukan dengan ragam cara. Beberapa orang beranggapan bahwa umumnya orang cerdas identik dengan karakter positif: rajin, tekun, tangguh, dan punya pemikiran yang luas. 

Tetapi, tidak sedikit pula yang menilai orang cerdas dapat diidentifikasi melalui gaya bicara, yakni cara mereka berkomunikasi sehari-hari atau pada momentum penting. Tak pelak, terkadang untuk mengetahui latar belakang seseorang, hal itu bisa dikalkulasi dari cara mereka berkomunikasi."Your communicate interprets your identity". 

           Berikut 4 Kalimat yang Membuatmu Terlihat Cerdas

            "Oke, ide anda bisa dipertimbangkan"

Ungkapan ini menunjukkan bahwa seseorang punya sikap profesional, adil, dan terhormat. Profesionalitas memiliki hubungan erat dengan elastis menerima setiap argumen orang lain sehingga tidak mengecewakan pembicara dan menganggap pendengar naif atau kurang dewasa.

Seseorang layak dianggap cerdas dan terpandang di mata orang lain sebab lunak mempertimbangkan segala hal dengan semestinya, tanpa cepat-cepat memutuskan satu konsekuensi atas topik pembicaraan yang memihak. Frasa tersebut patut digunakan oleh siapapun, terutama pemimpin sebagai respon yang bijak.

Semisal dalam situasi rapat kerja, ada klien mengungkapkan ide atau gagasan yang kurang menarik dan proporsional, anggaplah itu sebagai bibit unggul yang mungkin dapat berguna di pertemuan selanjutnya atau lain waktu. 

Pemimpin tidak berhak menolak mentah-mentah usulan anggotanya karena ia adalah penengah dan penegak keadilan "harus sama rata tanpa melihat-lihat". Bagaimanapun, para bawahannya telah berusaha semaksimal mungkin menjalankan komitmen dan prosedur sesuai ketentuan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Worklife Selengkapnya
Lihat Worklife Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun