Mohon tunggu...
irfan syahputra
irfan syahputra Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Orang penikmat musik dan suka bermain bulutangkis walaupun tidak bisa mainya

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

KKN UNDIP: Sosialisasi Pentingnya Upaya Pengelolaan Arsip Keluarga dan Upaya Digitalisasi Arsip

13 Agustus 2022   13:07 Diperbarui: 13 Agustus 2022   14:10 81 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sebagai penguatan arsip keluarga di tingkat kelurahan, mahasiswa Universitas Diponegoro, Muhamad Irfan Syahputra. Melaksanakan Sosialisasi Upaya Pengelolaan Arsip dan Upaya Digitalisasi Arsip Keluarga(27/7). Kegiatan ini pun ternyata merupakan kegiatan pertama bagi mereka dalam pengelolaan Arsip Keluarga secara baik dan benar.

Muhamad Irfan syahputra menyampaikan bahwa "dengan adanya kegiatan Sosialisasi dan upaya digitalisasi melalui Google Drive ini diharapkan Gerakan Sadar Arsip di Kelurahan Kebondalem khususnya di Rw 03 Kebondalem Kendal dapat menghadirkan kesadaran pentingnya arsip bagi masyarakat Kelurahan Kebondalem, selain itu dengan sadar arsip diharapkan para masyarakat Rw 03 Kebondalem Kendal bisa bermanfaat membantu administrasi dalam mengurus dokumen misalnya dalam mengurus pendaftaran ke Instansi pemerintah maupun swasta".

Pada kesempatan yang sama, Bapak Eko Boediono selaku pengurus RW 03 pun menyambut baik kegiatan pelaksanaan KKN di RW 03 ini "Dalam penataan kearsipan di tingkat keluarga, diharapkan akan terwujud pemberdayaan arsip sebagai bukti akuntabilitas masing masing kepala keluarga nantinya dan melestarikan arsip sebagai memori kolektif serta bisa juga menjadi jati diri bangsa dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia," terang bapak Eko.

Dalam kegiatan tersebut, mahasiswa memberikan sosialisasi dan pelatihan mengenai pendaftaran akun Google, lalu sampai Pengelompokkan Arsip Keluarga di Google drive kepada masyarakat, khususnya warga RT 14/ RW 03 Kelurahan Kebondalem mengenai pentingnya arsip keluarga dan bagaimana cara menata dan merawat arsip dengan baik dan benar.

Sosialisasi dan pelatihan upaya digitalisasi arsip dilakukan melalui tatap muka. Sosialisasi tersebut menargetkan pada Remaja Gang. Manggis(Regans) RT 14/ RW 03 Kelurahan Kebondalem, dengan harapan bisa bermanfaat membantu administrasi dalam mengurus dokumen misalnya dalam mengurus pendaftaran ke Instansi pemerintah maupun swasta. Kegiatan sosialisasi dan pelatihan ini dilaksanakan pada pukul 16.30 WIB hari Senin, 25 Juli 2022. Kegiatan ini bertempat di rumah ketua RW 03 Kelurahan Kebondalem.

Dokpri
Dokpri

Selain itu juga disampaikan mengenai bagaimana cara penyimpanan arsip keluarga dengan baik dan benar. Cara mengelola arsip dengan baik dan benar adalah sebagai berikut: a. Menyimpan ARSIP di tempat yang tepat maksudnya diletakkan lebih tinggi dari lantai atau diletakkan di rak, b. menjaga suhu dan kelembaban, dengan menghindarkan kontak landung Aesop dengan cahaya(matahari atau lampu), c. perlakukan baik arsip tersebut, tidak membuka arsip dengan tangan tangan dan pastikan tangan dalam keadaan bersih saat menyentuh arsip, d. menyisipkan arsip yang tidak penting, e. Fotocopy dan Digitalisasikan arsip keluarga misalnya dengan melakukan scan dan foto sebagai bentuk cadangan apabila arsip yang asli hilang atau rusak.

Kegiatan ini berpengaruh besar dalam kehidupan bangsa dan negara. Jati diri dan identitas bangsa ini tidak akan hilang sampai generasi kapanpun serta persatuan dan kesatuan akan terus berjalan karena arsip merupakan simpul pemersatu bangsa.

Penulis:

Muhamad Irfan Syahputra / Sekolah Vokasi -- Informasi dan Hubungan Masyarakat

 DPL : Dinni Asih Febriyanti., S.Psi., M.Psi

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan