Mohon tunggu...
Irfan Suparman
Irfan Suparman Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Menulis untuk dikenang

Selanjutnya

Tutup

Musik Artikel Utama

Sejarah Psychedelic Rock, dari Asal Kata hingga Overdosis LSD

29 Januari 2022   14:14 Diperbarui: 31 Januari 2022   17:35 765 21 5
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilustrasi Psychedelic. Sumber Pixabay.com/Viscious-Speed

Asal Kata Psychedelic

Ketika mendengar kata Psychedelic atau Psikedelik, apa yang ada dipikiran kamu? Pasti kamu memikirkan sesuatu yang berhubungan dengan jiwa, kan. Kata Psikedelik erat kaitannya dengan seni, musik dan narkotika, mengapa?

Dikutip dari Etymonline, kata Psychedelic atau Psikedelik berasal dari bahasa Yunani Kuno yaitu psykh dan dloun,. Psykhe yang berarti jiwa, pikiran atau roh dan Deloun berarti membuat terlihat atau mengungkapkan.

Jika diartikan secara harfiah, Psikedelik adalah sesuatu yang dapat mengungkapkan jiwa, pikiran dan roh. Oleh sebab itulah Psikedelik dikaitkan dengan obat-obatan halusinogen seperti Lysergic Acid Dhietilamide (LSD), Mescaline (Kaktus Peyote di Meksiko), Psilocybin (Jamur Ajaib).

Timothy Leary dinobatkan orang paling berbahaya kala itu. Sumber: AP / Jeff Robbins 
Timothy Leary dinobatkan orang paling berbahaya kala itu. Sumber: AP / Jeff Robbins 

Pengalaman mengkonsumsi senyawa tersebut bisa disebut dengan Psychedelic Experience. Pengalaman tersebut pernah dituliskan oleh seorang Psikolog Amerika, Timothy Leary dalam bukunya berjudul The Psychedelic Experience: A Manual Based on The Tibetan Book of the Dead. Leary menulis bersama dua rekannya Ralph Metzner dan Richard Alpert pada tahun 1964.

Jauh sebelum itu, seorang sastrawan, novelis juga seorang filsuf Aldous Huxley telah menuliskan pengalamannya saat mengkonsumsi mescaline. Huxley menuliskan pengalaman psychedelic-nya ke dalam buku berjudul The Doors of Perception yang pertama kali terbit pada tahun 1954.

Dikutip dari Artikel Perpustakaan Nasional AS Institut Kesehatan Nasional mengatakan Huxley diberi mescaline oleh kerabatnya yang berprofesi sebagai Psikiatri bernama Humphry Osmond. Pada awalnya Huxley memberi istilah "phanerothyme" dan Osmond memberi istilah "Psichedelic". Hal itu disampaikan pada pertemuan Akademi Ilmu Pengetahuan New York pada tahun 1957.

Sejarah Singkat Psychedelic Rock

Kemudian istilah Psikedelik digunakan sebagai aliran musik yang berjaya sekitar tahun 1965-1971. Aliran musik tersebut bernama Psychedelic Rock.

Dikutip dari Masterclass, Psikedelik rock atau bisa disebut juga psychedelia merupakan sebuah aliran musik rock yang muncul kisaran tahun 1965-1971. Aliran musik ini dipengaruhi oleh pengalaman mengonsumsi obat-obatan halusinogen seperti LSD.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Musik Selengkapnya
Lihat Musik Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan