Mohon tunggu...
Irfan SatriansyahManurung
Irfan SatriansyahManurung Mohon Tunggu... Mahasiswa jurusan Penmas

Asli orang Indonesia

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Potensi SDM dan SDA Masyarakat Desa dan Kota di Daerah Pantai Cermin Serdang Bedagai

14 Januari 2021   20:24 Diperbarui: 14 Januari 2021   20:43 28 0 0 Mohon Tunggu...

Kualitas sumber daya manusia (human resources) dari suatu negara merupakan salah satu faktor penting dan menentukan dalam usaha percepatan pembangunan. Sumber daya manusia (SDM) merupakan agen-agen pembangunan yang secara aktif dapat meritberdayakan potensi sumber daya alam (SDA) menuju kearah yang lebih produktif. 

Sumber Daya Manusia (SDM)  dan Sumber Daya ALam (SDA) merupakan unsur dan potensi penting dalam pembangunan yang berasal dari alam dan manusia dengan aktivitas tentunya untuk meningkatkan kesejahteraan hidup masyarakat.

Cara agar dapat meningkatkan potensi sumberdaya manusia adalah dengan melatih dan mengembangkan kemampuan sumberdaya manusia itu, sehingga lebih mampu berperan sebagai subjek dan objek pembangunan khususnya di daerah pantai cermin yang merupakan pesisir pantai merupakan sumber daya alamnya yang mencukupi dan mampu meningkatkan kesejahteraan hidup masyarakat 

Dari segi ekonomi, jelas terbukti bahwa masyarakat kota lebih mempunyai taraf kehidupan jauh di atas masyarakat pedesaan. Masyarakat pantai cermin terbilang masyarakat desa yang masih mempunyai taraf hidup menengah kebawah. Dari segi pendidikan, jumlah serta kualitas pendidikan masyarakat desa jauh di bawah perkotaan dan begitu pula yang terjadi di daerah pesisir pantai cermin yang terbilang minim pendidikan. Potensi sumber daya manusia pedesaan diarahkan untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat dengan tetap mempertimbangkan prinsip-prinsip keberlanjutan pembangunan nasional dimasa yang akan datang, yang merupakan upaya untuk daerah pantai cermin dari pemerintah. Ketersediaan sumber daya manusia di daerah pantai cermin juga mampu memberikan sumbangan yang cukup berarti terhadap pembangunan ekonomi termasuk untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat di pedesaan.

pemerintah seharus memberikan dorongan dan semangat kepada masyarakat pedesaan maupun perkotaan agar memiliki motivasi dalam mengembangkan potensi daerahnya. Pemerintah dapat melakukannya dengan mengadakan sosialisasi atau pendampingan secara langsung ke daerah pedesaan maupun perkotaan, agar tercapai keberhasilan pemberdayaan dalam melalui kegiatan produksi, distribusi dan konsumsi masyarakat.Dan setiap masyarakat setempat harus meningkatkan partisipasinya dalam mengembangkan daerahnya agar potensi yang dimiliki oleh daerahnya dapat mencapai keberhasilan

VIDEO PILIHAN