Mohon tunggu...
Muhamad Irfan Prasetyo
Muhamad Irfan Prasetyo Mohon Tunggu... Blogger

Blogger aktif. Penulis artikel bola. Penggemar Sepakbola dan fans setia AC Milan. email: muhirfanpras@gmail.com website: https://prasetyoirfan.wordpress.com/

Selanjutnya

Tutup

Balap Artikel Utama

Suhu, Ban, dan Hilang Traksi, Penyebab Valentino Rossi Jatuh di MotoGP Catalunya 2020

30 September 2020   07:12 Diperbarui: 30 September 2020   10:58 407 20 3 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Suhu, Ban, dan Hilang Traksi, Penyebab Valentino Rossi Jatuh di MotoGP Catalunya 2020
Valentino Rossi mengalami crash di T2 Sirkuit Catalunya saat balapan MotoGP Catalunya 2020 memasuki lap 16. | foto: twitter @motogp

Fabio Quartararo memang berhasil menjadi pemenang balapan MotoGP Catalunya 2020 yang digelar di Sirkuit Catalunya, Barcelona, Minggu (27/9/2020). Namun, sorotan tajam tertuju pada Valentino Rossi yang kembali jatuh dan gagal menyelesaikan lomba.

Pebalap Italia asal tim Monster Energy Yamaha itu sebelumnya juga gagal finish pada seri sebelumnya di MotoGP Emilia Romagna. Artinya, selama 2 seri terakhir Rossi selalu gagal finish.

Ini merupakan hasil DNF (did not finish) ketiga The Doctor di gelaran MotoGP 2020.

Valentino Rossi terjatuh di tikungan kedua saat balapan tengah memasuki lap 16. Yang membuat mengenaskan, Rossi tengah berada di posisi kedua di belakang pimpinan balapan, Fabio Quartararo.

Pebalap berusia 41 tahun itu akhirnya harus rela meninggalkan sirkuit dan tecatat DNF. Padahal, Rossi punya peluang besar untuk finish 3 besar. Sayang, kesempatannya untuk mencatat podium ke-200 di kelas primer pun lenyap.

Usai balapan MotoGP Catalunya 2020, Valentino Rossi mengaku begitu frustasi. The Doctor pun sangat menyayangkan tragedi tersebut dan tak kuasa menahan rasa kekecewaannya.

"Ini sungguh disayangkan, dua kesalahan berturut-turut," kata Rossi dikutip laman resmi Yamaha via kompas.com

Masih dari sumber yang sama, The Doctor pun menjelaskan penyebab dirinya terjatuh di tikungan 2 Circuit de Barcelona-Catalunya saat balapan tengah berjalan 16 lap.

"Setelah Franco Morbidelli melakukan kesalahan pada Tikungan 1 (T1), saya terus menekan karena ingin tetap dekat dengan Quartararo. Namun hari ini suhu trek sangat rendah dan T2 selalu berbahaya, karena di sisi kiri ban depan Anda punya suhu yang lebih rendah. Mungkin saya terlalu menekan saat memasuki tikungan dan kehilangan keseimbangan ban depan.", ungkap Rossi dikutip dari laman resmi Yamaha MotoGP via kompas.com

Bila memperhatikan penyataan Rossi, suhu lintasan jadi salah satu sebab dirinya terjatuh. Suhu memang jadi masalah pertama pada balapan MotoGP Catalunya 2020.

Balapan MotoGP Catalunya 2020 pada Minggu (27/9) kemarin digelar dalam kondisi cukup berawan alias mendung.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN