Mohon tunggu...
Muhamad Irfan Prasetyo
Muhamad Irfan Prasetyo Mohon Tunggu... Blogger

Blogger aktif. Penulis artikel bola. Penggemar Sepakbola dan fans setia AC Milan. email: muhirfanpras@gmail.com website: https://prasetyoirfan.wordpress.com/

Selanjutnya

Tutup

Balap Artikel Utama

Mengenal Lebih Jauh Long Lap Penalty, Penyebab Kemarahan Quartararo di MotoGP Emilia Romagna

23 September 2020   08:34 Diperbarui: 24 September 2020   20:56 625 19 5 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Mengenal Lebih Jauh Long Lap Penalty, Penyebab Kemarahan Quartararo di MotoGP Emilia Romagna
Fabio Quartararo terlihat marah seusai kembali ke pit setelah gagal meraih podium di MotoGP Emilia Romagna, Minggu (20/9) kemarin akibat terkena hukuman Long Lap Penalty. | foto: MotoGP via balapmotor.net

Drama terjadi dalam balapan MotoGP Emilia Romagna 2020 yang digelar di Sirkuit Misano, Italia, Minggu (20/9/2020). Banyak pembalap berguguran dan gagal finish. Tercatat, total ada 7 pembalap yang gagal menyelesaikan balapan.

Yang paling pedih mungkin adalah Francesco Bagnaia. Pembalap asal tim Pramac Racing ini tengah memimpin lomba hingga balapan menyisakan 7 lap saja. Sialnya, pembalap Italia berusia 23 tahun itu mengalami crash di tikungan 6.

Nasib tak kalah sial juga diterima pembalap veteran idola segala umat, Valentino Rossi. Rossi jadi salah satu pembalap yang gagal menyelesaikan balapan MotoGP Emilia Romagna 2020. Rossi memilih kembali ke pit di lap ke-17 setelah sebelumnya sempat terjatuh di lap kedua.

Akan tetapi, nasib paling apes, sial, dan paling pedih patut disematkan pada Fabio Quartararo. Pembalap Prancis asal tim Petronas Yamaha itu memang berhasil finish. Namun, seusai menyentuh garis finish dan kembali ke pit, pembalap 21 tahun itu terlihat marah dan kecewa besar.

Quartararo berhasil finish di posisi ketiga di belakang Vinales dan Mir. Sayangnya, Ia harus turun ke posisi keempat akibat terkena hukuman long lap penalty menjelang akhir balapan. Podium ketiga pun diberikan kepada Pol Espargaro yang finish di posisi 4.

Seusai lomba, Quartararo tak kuasa menahan marahnya. Bagaimana tidak? Ia harus gagal naik podium di balapan MotoGP Emilia Romagna 2020. Dilansir dari laman MotoGP, Quartararo mengaku tak mendapat peringatan hukuman penalti di dasbornya.

"Saya tidak mendapat peringatan batas lintasan. Jadi ya, saya kecewa dan frustrasi mendapat penalti ini dan kini menantikan GP Catalunya (pekan depan)," ucap rider 21 tahun tersebut, dikutip dari laman MotoGP.

Sebetulnya, apa sih hukuman Long Lap Penalty yang diterima Quartararo? Bagaimana mekanismenya?

Quartararo mendapat hukuman Long Lap Penalty di putaran terakhir balapan MotoGP Emilia Romagna 2020. Hukuman itu diberikan kepada pembalap 21 tahun itu setelah dirinya dinyatakan melanggar batas lintasan.

Momen pelanggaran Fabio Quartararo yang melewati batas lintasan di MotoGP Emilia Romagna 2020. | foto: MotoGP.com via Kompas
Momen pelanggaran Fabio Quartararo yang melewati batas lintasan di MotoGP Emilia Romagna 2020. | foto: MotoGP.com via Kompas
Karena melanggar batas trek Sirkuit Misano beberapa kali, Quartararo pun diberi hukuman Long Lap Penalty di lap terakhir. Dalam tayangan ulang, Quartararo tertangkap kamera melanggar batas lintasan pada tikungan 16 saat Ia tengah berduel dengan Joan Mir dan Pol Espargaro.  

Akibat hal tersebut, race direction menjatuhi hukuman 3 detik yang membuat posisi Quartararo turun ke posisi 4. Hukuman 3 detik di akhir lomba diberikan sebab Quartararo tak menjalani hukuman Long Lap Penalty hingga akhir balapan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x