Mohon tunggu...
Muhamad Irfan Prasetyo
Muhamad Irfan Prasetyo Mohon Tunggu... Blogger

Blogger aktif. Penulis artikel bola. Penggemar Sepakbola dan fans setia AC Milan. email: muhirfanpras@gmail.com website: https://prasetyoirfan.wordpress.com/

Selanjutnya

Tutup

Bola Artikel Utama

10 Gol dalam 1 Leg, Barcelona Vs Bayern Munich Buktikan Liga Champions 2020 Masih Penuh Kejutan!

15 Agustus 2020   08:59 Diperbarui: 15 Agustus 2020   20:48 542 17 6 Mohon Tunggu...
Lihat foto
10 Gol dalam 1 Leg, Barcelona Vs Bayern Munich Buktikan Liga Champions 2020 Masih Penuh Kejutan!
Pemandangan berbeda di lapangan, pemain Munich merayakan golnya sementara pemain Barca terlihat gontai. | foto: Twitter @ChampionsLeague

Siapa bilang format baru Liga Champions 2020 akan mengurangi keseruan kompetisi antarklub eropa itu? Siapa bilang sistem 1 leg mulai babak perempat final akan mengurangi drama gol di Liga Champions?

Jika kompasiner berpikir demikian, sepertinya Anda tidak menyaksikan dan memperhatikan laga Barcelona vs Bayern Munich dengan cermat dan objektif. Baru beberapa jam yang lalu laga Big Match ini usai, tepatnya pada Sabtu (15/8) dini hari tadi.

10 gol tercipta hanya dalam waktu 90 menit. Ya, hanya dalam 1 pertandingan, 1 leg saja laga Barca vs Munich itu menghasilkan jumlah gol yang begitu banyak. 2 Gol untuk Barcelona dan 8 gol untuk Munich.

Anda tidak salah baca, FC Hollywood memang berhasil membantai Blaugrana setelak itu! 8-2 skor akhir untuk kemenangan Bayern atas Barca. Bahkan, pemain Barcelona sejatinya hanya berhasil mencetak 1 gol saja ke gawang Munich. Loh kok bisa?

Gol-gol FC Hollywood dicetak oleh Thomas Muller (2 gol), Ivan Perisic, Joshua Kimmich, Serge Gnabry, Robert Lewandowski, dan Philippe Coutinho (2 gol). Sementara 2 gol Barca dicetak Luis Suarez dan satunya dicetak David Alaba ke gawangnya sendiri alias gol bunuh diri.

Rincian gol dan waktu tersiptanya gol bisa disimak di foto berikut ini. Anak asuh Hansi Flick sukses mencetak 4 gol di babak pertama dan menambah 4 gol lagi di babak kedua. Begitupun Barca yang mencetak 1 gol di babak pertama dan 1 gol di babak kedua.

Hasil akhir laga Barca vs Bayern. | foto: Twitter @ChampionsLeague
Hasil akhir laga Barca vs Bayern. | foto: Twitter @ChampionsLeague
Untuk jalannya pertandingan dan analisis penyebab kekalahan Barca bisa disimak di ulasannya Pak Arnold Adoe yang sudah terbit duluan dengan judul "Inilah 3 Cara Bayern Hancurkan Barcelona dengan Skor 8-2". Menurut kompasiner Arnold Adoe, ada 3 sebab Munich mampu unggul dari Barca.

Pertama, strategi pelatih Bayern, Hans Dieter-Flick, yang klik dalam pertandingan tersebut. Kedua, sektor sayap Bayern yang bergerak amat efektif sepanjang pertandingan. Ketiga, cara mengisolasi Lionel Messi yang brilian.

Ya, memang benar ketiga faktor itulah yang membuat Bayern mampu mendominasi Barca. Buktinya, statistik pertandingan juga membuktikan hal tersebut.

Statistik laga Barca vs Bayern. | sumber: sofascore.com
Statistik laga Barca vs Bayern. | sumber: sofascore.com
7 tendangan Barca ke gawang Munich berbanding 8 gol Munich ke gawang Barca. Selain itu, dari statistik Munich juga sangat mendominasi Barca. Tak hanya dari penguasaan bolanya, tapi juga dibuktikan dengan akurasi umpan, jumlah shot on target, dan duel yang dimenangkan di lini tengah.

Di tulisan saya sebelumnya yang membahas format baru Liga Champions 2020, saya sudah menjelaskan bahwa masih ada banyak hal yang bisa dinikmati dari format baru Liga Champions yang hanya 1 leg ini. Salah satunya adalah adu kejeniusan pelatih dan kualitas pemainnya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN