Mohon tunggu...
Muhamad Irfan Prasetyo
Muhamad Irfan Prasetyo Mohon Tunggu... Blogger

Blogger aktif. Penulis artikel bola. Penggemar Sepakbola dan fans setia AC Milan. email: muhirfanpras@gmail.com website: https://prasetyoirfan.wordpress.com/

Selanjutnya

Tutup

Otomotif Artikel Utama

Tips Menyalakan dan Memanaskan Motor Matic Setelah Lama Mangkrak di Rumah

29 Mei 2020   09:22 Diperbarui: 29 Mei 2020   18:50 328 19 3 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Tips Menyalakan dan Memanaskan Motor Matic Setelah Lama Mangkrak di Rumah
Motor Honda Beat 110cc keluaran tahun 2010 | foto: MuhamadIrfanPrasetyo/dokpri

Selama masa pandemi covid-19 ini, masyarakat Indonesia dituntut untuk stay at home, bekerja dari rumah, dan beribadah di rumah. Akibatnya, penggunaan kendaraan bermotor terutama motor selama masa PSBB dan pembatasan sosial menjadi berkurang. Motor di rumah pun jadinya menganggur kan.

Seperti motor honda beat 110cc keluaran 2010 milik keluarga saya yang akhirnya mangkrak jarang dipakai. Kondisinya sering sulit dinyalakan atau dipanasin akibat intensitas pemakaian yang berkurang. 

Tapi saya punya langkah awal untuk mencegah agar motor matic saya tak semakin sulit dinyalakan atau dipanaskan. Caranya adalah dengan memastikan kebersihan tempat parkir motor. Benar, anda tidak salah dan cara ini sudah saya buktikan kok.

Saya punya pengalaman memanaskan motor sampai lelah dan malu. Gara-garanya motor saya inapkan di parkiran stasiun selama 2 hari. Kena hujan, panas, dan debu gak ketulungan, padahal cuma 2 hari tapi parkirannya pada saat itu tidak ada atapnya dan berdebu.

Alhasil elektrik starter motor matic saya macet. Indikator lampunya nyala, artinya aki aman dong. Langsung saja beralih ke kick starter. Percobaan pertama gagal, dan berulang hingga saya keringetan. Bisa dibayangin berapa lama.

Setelah bisa saya langsung gaspol pulang, tapi baru 300 meter jalan motor mogok gara-gara berhenti di lampu merah. Jadi tontonan deh. Saya minggir sebentar dan mengulang kejadian di parkiran stasiun tadi. 

Tak cuma sekali, ketika motor saya tinggal liburan selama 2 pekan dan ditinggal di parkiran kos yang berdebu, motor matic saya kembali sulit dinyalakan. Nah selama masa pembatasan sosial seperti ini pasti banyak kasus serupa, motor matic susah nyala ketika akan dipanaskan. 

Namun jangan asal memanaskan motor matic ya. Ada beberapa tips yang bisa diterapkan untuk memanaskan motor matic yang lama tak dipakai alias mangkrak secara aman dan efektif.

1. Bersihkan motor dan cek elektrik strater-nya
Biasanya, orang akan membersihkan motor matic sekalian memanaskannya. Tapi mulai sekarang coba bersihkan dulu motor matic anda. Terapkan PHBS di motor matic anda juga dong,hehe.

Bersihkan area sekitar elektrik starter, switch rem, dan standar samping terlebih dahulu. Biasanya, akibat debu tadi atau kotoran bisa menghambat kerja starter motor. 

Lalu coba nyalakan dengan elektrik starter, kalau tidak bisa langsung nyala jangan dipaksa, langsung beralih ke kick starter (kalau motor anda sudah tidak ada engkolnya mohon maaf saya tidak paham, hehe).

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN