Mohon tunggu...
Muhamad Irfan Prasetyo
Muhamad Irfan Prasetyo Mohon Tunggu... Blogger

Mahasiswa, Belajar menulis, Blogger aktif https://prasetyoirfan.wordpress.com/

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Tantangan Berat Stefano Pioli, Allenatore Baru AC Milan

13 Oktober 2019   13:02 Diperbarui: 13 Oktober 2019   16:15 0 3 1 Mohon Tunggu...
Tantangan Berat Stefano Pioli, Allenatore Baru AC Milan
Sumber: acmilan.com

Rabu, 9 Oktober lalu menjadi awal sejarah baru bagi klub legendaris Italia, AC Milan dengan menunjuk Stefano Pioli sebagai pelatih baru mereka. Pioli ditunjuk sebagai allenatore anyar menggantikan Marco Giampolo yang dipecat sehari sebelumnya. Pioli disodori kontrak berdurasi 2 tahun untuk mengembalikan performa Milan yang tengah terpuruk.

Memecat Giampaolo adalah langkah wajar dari manajemen Milan, dari 7 laga Serie A Italia, Giampaolo hanya mampu meraih 3 kemenangan dan sisanya alami kekalahan. Belum lagi, Milan dibawah asuhannya hanya mampu bertengger di posisi 13 klasmen Serie A dengan mengemas 9 angka, 6 kali membobol gawang lawan dan 9 kali kemasukan gol.   

Atas alasan tersebut, menunjuk pelatih baru adalah langkah wajar dan bisa dibilang tepat manajemen Milan. Namun, pertanyaannya sekarang, apakah Pioli orang yang tepat menangi tim sekelas Milan?

Sebelum membahas lebih jauh sepak terjang Pioli, sejak memecat Massimiliano Allegri pada 2014 lalu, Milan sudah berganti pelatih sebanyak 8 kali. Memperlihatkan bahwa ada masalah besar di dalam AC Milan, yaitu prestasi. Selama pergantian pelatih tersebut, hanya Vincenzo Montella yang berhasil mempersembahkan gelar Supercoppa Italia setelah mengkandaskan Juventus lewat adu penalti musim 2016 silam. Setelah itu, seperti yang sudah diketahui prestasi Milan masih redup.

Rekor Pioli Sebagai Pelatih

Stefano Pioli dikenal publik sepakbola negeri pizza sebagai pelatih yang biasa saja. Selama karir kepelatihannya dari 2003 hinga sekarang, tak ada trofi besar yang diraih Pioli. Satu-satunya yang bisa dikenang mungkin hanyalah meraih posisi ketiga klasmen Serie A ketika melatih Lazio di musim 2014-2015. Ketika itu, ia mampu membawa Miroslav Klose dkk. menempati posisi tertinggi yang diraih Lazio selepas meraih Scudetto musim 1999-2000 silam. Selama 16 tahun kepelatihannya, Pioli hanya melatih tim-tim Italia saja. Dan kebanyakan tim yang dilatih Pioli adalah tim-tim medioker, hanya Lazio, Inter, dan Fiorentina yang punya nama besar yang pernah memakai jasa Pioli. Namun, selama menukangi tim tersebut, tidak ada gelar yang mampu dipersembahkan Pioli.

Bagaimana dengan rekor kemenangannya selama menjadi pelatih? Dari 2003 hingga terakhir menangani Fiorentina di musim 2017 lalu, selama 631 laga yang sudah dijalani, Pioli hanya meraih 234 kemenangan dan menelan kekalahan sebanyak 205 laga. Rasio kemenangannya selama melatih hanya 37,08% saja. Apakah itu catatan yang menjanjikan ketika dia ditunjuk melatih Milan yang sedang terseok-seok?

Tanggapan Jajaran Manajemen dan Legenda Klub

Direktur klub sekaligus legenda AC Milan, Zvonimir Boban menyatakan, penunjukan Stefano Pioli sebagai pelatih adalah pilihan terbaik yang bisa diambil saat ini.

Sumber: https://twitter.com/RossoneriBlog 
Sumber: https://twitter.com/RossoneriBlog 

Sementara itu, Zlatan Ibrahimovic mantan punggawa Milan era Allegri mengaku prihatin dengan kondisi mantan klubnya kini. Pasalnya, Milan dirasanya tidak pantas berada dalam keterpurukan dan sudah seharusnya berada di puncak.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
KONTEN MENARIK LAINNYA
x