Mohon tunggu...
Irfan Nurhakim
Irfan Nurhakim Mohon Tunggu... Mahasiswa - -

-

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

KKN-T: Meningkatkan Literasi Baca Tulis dengan Cara Memahami Bahan Bacaan

25 September 2021   18:44 Diperbarui: 26 September 2021   08:28 176 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
KKN-T: Meningkatkan Literasi Baca Tulis dengan Cara Memahami Bahan Bacaan
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Penyakit Covid-19 pertama kali ditemukan pada Desember 2019 di Wuhan, Ibukota Provinsi Hubei China, dan sejak itu menyebar secara global diseluruh dunia, mengakibatkan pandemi coronavirus 2019-sekarang. 

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mendeklarasikan wabah koronavirus sebagai Kesehatan Masyarakat Darurat Internasional (PHEIC) pada 30 Januari 2020, dan pandemi pada 11 Maret 2020. 

Wabah penyakit ini begitu sangat mengguncang masyarakat dunia, hingga hampir 200 Negara di Dunia terjangkit oleh virus ini termasuk Indonesia. 

Berbagai upaya pencegahan penyebaran virus Covid-19 pun dilakukan oleh pemerintah di negara-negara di dunia guna memutus rantai penyebaran virus Covid-19 ini, yang disebut dengan istilah lockdown dan social distancing.

Dengan adanya kebijakan ini berdampak pada sektor ekonomi, pariwisata, perdagangan, kesehatan, dan tentunya sektor pendidikan. Dimana kegiatan belajar mengajar pada saat ini di lakukan secara online (daring) yang membuat kurangnya pengawasan dari guru maupun orang tua yang membuat anak kurang dapat memahami materi yang di pelajari, hal ini merupakan salah satu faktor rendahnya tingkat literasi pada anak.

Oleh karena itu UPI hadir dengan program Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang bertemakan "Literasi dan Rekognisi Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka - Pusat Prestasi Nasional" yang diharapkan dapat meningkatkan literasi baca tulis anak Indonesia, kegiatan KKN ini dilaksanakan secara Daring (Online).

Pada kegiatan KKN kali ini saya berfokus pada siswa kelas 8 di SMPN 51 Bandung tepatnya di Jl.Derwati kode pos 40296, Kelurahan / Desa Derwati, Kecamatan Rancasari, Kota Bandung, Jawa Barat.

Disini saya melakukan upaya untuk meningkatkan literasi baca tulis dengan cara memberikan siswa bahan bacaan kemudian memberikan pertanyaan mengenai bahan bacaan yang telah dibaca serta membahas jawabannya bersama, maksud dan tujuan dari kegiatan tersebut adalah untuk menstimulasi siswa agar dapat selalu memahami bahan bacaan yang telah dibaca, dalam literasi baca tulis siswa di ajarkan tidak hanya mahir dalam membaca melainkan siswa diajarkan bagaimana caranya memahami bahan bacaan yang telah di bacanya. Dengan metode seperti ini para siswa meresponnya dengan antusias serta siswa lebih aktif dalam mengemukakan pendapatnya.

Penulis:

Irfan Nurhakim, Prodi Manajemen, Universitas Pendidikan Indonesia.

Dwi Imam Muthaqin, S.H.,M.H., Dosen Pembimbing Lapangan Kelompok 18

Mohon tunggu...
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan