Mohon tunggu...
Irfan Nugroho
Irfan Nugroho Mohon Tunggu... Lainnya - Penulis fanfic Wattpad (@FunFun88) dan Hobi menggambar (Ig : @irfannugroho88)

Selalu berusaha untuk lebih baik lagi dalam kehidupan

Selanjutnya

Tutup

Balap Pilihan

Manuver Agresif Rossi di Laguna Seca 2008

18 Agustus 2022   10:03 Diperbarui: 18 Agustus 2022   10:09 80 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Rossi menyalip Stoner di tikungan Corkscrew. Sumber: Moto-Station.com

Bagi penggemar MotoGp era lama khususnya era fantastic four tentu masih ingat dengan epic battle antara Rossi vs Stoner pada Gp Laguna Seca tahun 2008. Pada balapan yang berlangsung di Amerika tersebut, Stoner berhasil menjadi pole position diikuti oleh Valentino Rossi di posisi kedua dan mendiang Nicky Hayden pembalap tuan rumah saat itu di posisi ketiga. Sejak awal balapan, Rossi dan Stoner sudah terlibat aksi saling salip hingga jauh meninggalkan para pembalap lain di belakang.

Dengan Ducati Desmosedici GP08 yang ditungganginya, Stoner beberapa kali melakukan serangan terhadap Rossi di lintasan lurus Laguna Seca yang tidak begitu panjang itu. Stoner memanfaatkan power milik Ducati untuk mengambil alih posisi pertama dari Rossi, namun Stoner juga beberapa kali melebar dan membuat Rossi kembali dengan mudah meraih posisi pertama.

Layout sirkuit Laguna Seca yang memiliki banyak tikungan juga menguntungkan The Doctor di atas Yamaha YZR M1 tunggangannya. Hal ini membuat Rossi bisa mengejar Ducati yang mana terkenal akan tenaganya yang besar di trek lurus. Duel antara dua pembalap besar ini menjadi salah satu duel bersejarah yang sangat ikonik.

Saat itu Stoner merupakan juara dunia bertahan dengan menggunakan nomor start 1 yang di tahun 2007 ia berhasil menjadi juara dunia MotoGp bersama Ducati untuk yang pertama kalinya. Sedangkan Valentino Rossi memiliki ambisi untuk kembali menambah gelar dunianya yang sempat tertunda pada musim 2006 dan 2007.

Aksi yang paling diingat oleh para penggemar MotoGp dari balapan yang berlangsung di Laguna Seca pada 2008 tentu saja manuver The Doctor yang agresif. Valentino Rossi saat itu mencoba menyalip Stoner di tikungan yang terkenal dengan nama Corkscrew. Rossi berhasil menyalip Stoner di tikungan tersebut, namun apa yang dilakukan Rossi sangat berbahaya dan hampir membuat dirinya terjatuh. Hal ini tak luput dari tanggapan Stoner yang tidak menerima manuver Rossi tersebut. The Doctor menyalip Stoner hingga menyentuh gravel bahkan nyaris menyenggol pembalap asal Australia tersebut. Dari sinilah hubungan kedua pembalap legendaris ini tidak akur.

Menjelang akhir balapan, Casey Stoner melebar di tikungan terakhir hingga masuk ke area gravel dan terjatuh. Beruntung ia berhasil melanjutkan balap meski harus puas tertinggal dari Rossi dan finish di urutan kedua. Disusul oleh pembalap Suzuki Chris Vermeulen yang finish di posisi ketiga.

Duel antara Rossi vs Stoner di Laguna Seca tahun 2008 menjadi duel bersejarah yang selalu dikenang oleh para penggemar MotoGp khususnya penggemar Rossi dan Stoner. Tak terkecuali manuver berbahaya dari The Doctor yang membuat hubungannya dengan Casey Stoner memburuk.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Balap Selengkapnya
Lihat Balap Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan