Mohon tunggu...
Irfan Fandi
Irfan Fandi Mohon Tunggu... Buruh - Menulis dan Membaca adalah suatu aksi yang bisa membuat kita terlihat beda dari orang yang disekitar kita

Email : Suka Baca dan Nonton Film || Pekanbaru, Riau

Selanjutnya

Tutup

Bulutangkis Pilihan

Negara Asia Tenggara Mendominasi di Final Hylo Open 2021, The Minions Berhasil Juara

8 November 2021   00:15 Diperbarui: 8 November 2021   00:20 121 7 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Sumber foto : badminton.ina/akun twitter (The Minions berhasil naik podium setelah lama puasa gelar setelah Olimpiade Tokyo 2020)

Pertandingan Final Hylo Open 2021 di Jerman malam ini berlangsung sangat ketat dan ramai sekali yang menantikannya, jika diperhatiakan line up yang bermain hari ini merupakan kumpulan negara Asia Tenggara yang mendominasi seluruh sektor kecuali di Ganda Putri yang di isi oleh negara Jepang. Negara Asia Tenggara yang masuk final adalah Thailand, Indonesia, Malaysia, dan Singapura. Hal ini merupakan sebuah kebangkita baru dunia olahraga bulutangkis di negara kesatuan Asia Tenggara, bisa mnedominasi di satu turnamen pada laga final di Hylo Open 2021.

Indonesia memiliki dua wakil pada laga final kali ini dari sektr Ganda Putra dan Ganda Campuran, Thailand juga memiliki dua wakil di sektor Tunggal Putri dan Ganda Campuran, Singapura dengan mengejutkan memberikan penampilan terbaik mereka hingga bisa mengirimkan dua wakilnya di laga final pada sektor Tunggal Putra dan Tunggal Putri, sedangkan Malaysia hanya berhasil mengantarkan satu perwakilannya di laga fina pada sektor Tunggal Putra. Pertandingan final klai ini akan semakin menarik dengan tidak adanya negara China yang tidak mengikuti turnamen kali ini, kesempatan baik untuk pemain muda dalam berkembang dan bertumbuh memperbaiki rangking.

Thailand berhasil meraih 2 gelar pada Hylo Open 2021

Negara Thailand kali ini memberikan banyak kejutan dengan pemain mudanya, negara ini berhasil mengantarkan Busanan Ongbamrungphan pada sektor Tunggal Putri berhasil masuk ke laga Final Hylo Open 2021 di Jerman. Busanan berhasil menaklukkan Tunggal Putri Singapura  pada laga Final Hylo Open dengan permainan straight game langsung 10-21 dan 14-21, ini merupakan gelar pertama Busanan dalam meraih kemenangan pada turnamen superseries 500 selama karirnya di dunia olahraga bulutangkis. Selamat atas pencapaian dan keberhasilannyanya meraih gelar pertamanya di ajang turnamen bergengsi.

Pasangan Ganda Campuran Thailand juga berhasil mengikuti jejak langkah kemenangan dari Tunggal Putri, mereka berhasil menikung kemenangan dari pasangan Ganda Campuran Indonesia dengan permainan straight game 20-22 dan 14-21. Dengan hasil kemenangan ini pasangan Dechapol Puavaranukron dan Sapsiree Taerattanachai berhasil menggeser posisi rangking dari pasangan China peraih medali emas Olimpiade Tokyo 2020 menjadi rangking 2 di dunia pada peringkat BWF.

Indonesia berhasil meraih 1 gelar pada gelar Hylo Open 2021

Banyak kejutan yang terjadi oleh perwakilan Indonesia pada turnamen Hylo Open 2021, setelah membuat sejarah baru dengan 5 wakil di laga Quarter Final pada satu sektor yaitu Ganda Putra. Hal itu merupakan sebuah pencapain dan sejarah baru dalam dunia olahraga badminton selama turnamen, sehingga pada laga final Ganda Putra terjadi All Indonesia Final yaitu Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo dan Leo Rolly Carnando/Daniel Martin. Pertandingan final ini dimenangkan oleh The Minions dengan permainan straight game langsung 21-14 dan 21-19.

Dengan hasil pertandingan tadi membuat posisi peringkat The Minions masih berada di puncak rangking satu dunia selama dua tahun berturut-turut yang sampai sekarang belum tergantikan, sedangkan Leo dan Danile dengan berhasil menajdi Runner-Up pada turnamen ini mereka berhasil memperbaiki rangking kariernya dari posisi 35 menjadi rangking 28 dunia. Ini merupakan sebuah pencapaian terbaik mereka setelah masuk ke turnamen besar superseries dunia, mereka sudah dipasangkan sejak masih turnamen junior dan sempat pernah menjadi Juara Dunia Junior pada tahun 2019.

Singapura berhasil megantarkan dua wakilnya di Final Hylo Open 2021

Pada turnamen Hylo Open 2021 kali ini Singapura membuat kejutan baru dengan mengantarkan dua wakilnya pada laga Final Hylo Open 2021 di Jerman, Yeo Jin Min pada Tunggal Putri an Loh Kean Yew pada Tunggal Putra. Hal ini merupakan sebuah pencapaian yang sangat luar biasa pada turnamen superseries 500 mereka bisa bersaing dan membuktikan bahwa mereka layak untuk berada pada laga final di turnamen Hylo Open 2021 di Saarbucken, Jerman.

Yeo Jin Min harus ikhlas merelakan kemenangan final perdananya untuk Tunggal Thailand Busanan dengan straight game, ia harus mengakui kekuatan dari Busanan karena dari data statistic sangat jauh berbeda level antara kedua pemain. Loh Kean Yew berhasil memberikan kejutan yang sangat luar biasa pada final Hylo Open 2021, ia berhasil meraih gelar pertama nya di superseries 500 setelah Lee Zii Jia retired dengan permainan rubber game 19-21, 21-13 dan 17-12.

Dari semua pertandingan tadi saya melihat kekuatan bulutangkis sudah mulai merata diseluruh wilayah belahan dunia, banyak kejutan terjadi dari setiap turnamen yang dilaksanakan oleh Badminton World Federation (BWF). Biasanya olahraga bulu angsa ini didominasi oleh China, Indonesia, Jepang dan Korea Selatan namun sekarang sudah banyak wakil dari negara eropa yang bermunculan seperti Scotlandia, Jerman, Canada dan masih banyak lagi kejutan yang membuat pemain elit Top 10 harus waspada terhadap pemain baru ini.

Dengan berakhirnya turnamen Hylo Open 2021 maka berakhir pula Wold Tour Turnamen di wilayah bagian Eropa minggu ini, semua atlet dan official akan berpindah ke negara kita tercinta yang sudah menanti tiga turnamen besar yang akan dilaksanakan di pulau dewata, Bali. Indonesia Master, Indonesia Open dan HSBC World Tour Final sebagai penutup rangkaian turnamen pada tahun 2021, sebagai informasi untuk tiga turnamen ini tidak di pertontonkan secara live tapi hanya bisa online karena menjaga protokol kesehatan yang berlaku di Indonesia untuk mencegah gelombang ketiga wabah covid-19 di seluruh dunia.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bulutangkis Selengkapnya
Lihat Bulutangkis Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan