Mohon tunggu...
Irfan Fandi
Irfan Fandi Mohon Tunggu... Buruh - Menulis dan Membaca adalah suatu aksi yang bisa membuat kita terlihat beda dari orang yang disekitar kita

Email : Suka Baca dan Nonton Film || Pekanbaru, Riau

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Mengenal Istilah "Doxing", Ade Armando Diteror oleh Orang Tak Dikenal

4 November 2021   06:30 Diperbarui: 4 November 2021   12:53 250 7 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Sumber foto : CNN Indonesia

Ketika hujan menghiasi malam hari dan suasana rumah hening seketika tidak tahu harus berbuat apa, malam semakin larut namun mata ini belum juga bisa untuk diajak bekerja sama. 

Saya mencoba membuka handphone dan melihat berita atau video apa yang terbaru di dunia maya. Ternyata halaman pertama terlintas sebuah video tentang klarifikasi Ade Armando yang menceritakan bahwa ada yang ingin melakukan terror terhadap dirinya, rasa penasaranku selalu tumbuh dan ingin melihat isi video secara menyeluruh hingga tuntas.

Siapa yang tidak kenal dengan sosok Ade Armando, seorang penggiat media social dan memiliki pekerjaan menjadi seorang Dosen di salah satu Unversitas besar di negeri ini yaitu universitas Indonesia. 

Ade Armando merupakan sosok orang yang sangat aktif dalam mengkritik dan memberikan masukan terhadap semua orang tentang isu menarik di negeri ini, sosoknya hampir sama seperti Denny Siregar yang aktif dalam membuka kebenaran tentang orang-orang yang memiliki hati busuk di negeri ini.

Jika kita mendengar sosok kedua orang itu pasti selalu heboh di sekitaran kita, ada yang pro dan ada juga yang kontra dengan tanggapan pemikiran dari diri mereka yang disebarkannya melalui akun kanal You Tube yang biasanya tayang di channel Cokro TV. 

Menurut saya jika hal yang disampaikan itu sesuai dengan kebenaran dan ada data dan fakta yang mendukung, tidak ada masalah sih cuma hanya segelintir orang yang tidak menyukai merekalah yang merasa risih dan tidak mau mendengarkan suatu kebenaran yang telah diungkapkan.

Apa itu istilah "Doxing" ?

Setelah melihat isi video secara keseluruhan dan menyimak satu per satu kalimat yang disampaikan oleh beliau sungguh di luar dugaan saya, ada sebuah kata yang membuat saya tertarik yaitu "Doxing". Beliau menjelaskan bahwa :

"Doxing artinya mengungkapkan informasi pribadi seseorang tanpa persetujuan orang itu. Hal itu lazim dilakukan untuk menteror seseorang yang dianggap sebagai musuh yang harus dihabisi. Dengan menyebarkan informasi pribadi pelaku berharap korban menderita secara psikologis."

Ternyata istilah Doxing belakangan ini sering dilontarkan kepada para aktivis yang berseberangan dengan pemerintah, guna untuk membungkam orang tersebut untuk diam dan tidak menyuarakan lagi tentang sebuah kebenanran yang ada. Hal itu terjadi terhadap Ade Armando sehingga ia berani membuat sebuah video baru tentang klarifikasi untuk menyampaikan hal yang sebenanrnya. 

Tindakan ini sangat luar biasa efeknya jika ketahuan data pribadi kita berupa foto atau video di masa lalu yang disebarkan di media social, ini merupakan sebuah tindakan yang sangat merugikan dan memiliki efek hukum social dari masyarakat. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan