Mohon tunggu...
Irfan Fandi
Irfan Fandi Mohon Tunggu... Buruh - Menulis dan Membaca adalah suatu aksi yang bisa membuat kita terlihat beda dari orang yang disekitar kita

Email : irvandi00@gmail.com || Suka Baca dan Nonton Film || Pekanbaru, Riau

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Sumpah Pemuda Hari Ini, Peran Generasi Muda dalam Berkreasi di Dunia Digital

28 Oktober 2021   06:30 Diperbarui: 28 Oktober 2021   06:35 144 7 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Sumber foto : Medcom.id

Yang muda yang berkreasi...

Mungkin kalimat diatas ini pantas untuk anak muda bangsa ini dalam berkreasi dengan memanfaatkan dunia teknologi yang semakin berkembang pesat, Indonesia merupakan negara yang paling banyak sebagai pengguna dalam dunia digital yang sedang berkembang maju di era serba digitalisasi. Lebih dari 200 juta jiwa merupakan pengguna internet di Indonesia, 75% adalah anak muda sebagai pengguna terbanyak dalam menggunakan dunia digital ini.

Perkembangan teknologi yang semakin maju harus dimanfaatkan dengan sangat baik oleh anak muda generasi bangsa, namun saya mulai prihatin dengan perkembangan anak muda yang semakin tidak bisa menggunakan platform digital dengan sangat baik. Sebagai anak muda saya memiliki suara dan tanggung jawab untuk memberikan alternative dalam penggunaan teknologi pada era digital ini.

Kita semua tahu begitu banyak platform digital yang menyuguhkan berbagai tempat untuk menyalurkan bakat dan hobi yang kita miliki untuk di kembangkan, seperti Facebook, Instagram, Twitter, Tik Tok, YouTube dan masih banyak lagi termasuk salah satunya platform blogger seperti Kompasiana. Platform blogger yang menyediakan wadah untuk kita anak muda dalam menyampaikan opini kita terhadap perkembangan trend dunia saat ini.

Memanfaatkan Digital dengan menyalurkan hobi dan bakat

Setiap orang pasti memiliki hobby dan passionnya masing-masing dalam beberapa bidang, setiap bakat dan kemampuan yang diberikan adalah sebuah anugrah Tuhan yang harus kita syukuri dan manfaatkan dengan baik. 

Dengan banyaknya platform yang tersedia sekarang, sangat membantu kita anak muda dalam berkembang dan menyalurkan semua bakat itu dengan baik untuk bisa menjadi terasah dan terus berkembang menjadi lebih baik lagi.

Saya sangat menyambut perkembangan dunia digital yang begitu banyak dalam membantu anak muda dalam berkreasi, termasuk saya yang memiliki hobi suka membaca dan memiliki mimpi suatu hari nanti akan menjadi seorang penulis di masa yang akan datang. D

engan adanya platform seperti Instagram dan Facebook saya bisa menyalurkan bakat saya yang suka membaca dengan membuat sebuah review atau ulasan tentang buku yang telah saya baca untuk dilihat dan dibagikan kepada teman-teman dan sahabat di dunia media social.

Terkadang saya juga membuat sebuah resensi buku di blog pribadi dan platform yang telah tersedia seperti Kompasiana, dengan membuat sebuah resensi yang baik saya memiliki banyak pembelajaran dan mendapatkan reward dari beberapa penerbit untuk membantu mereka dalam mempromosikan buku terbitan mereka. 

Salah satu penerbit yang memberikan kesempatan itu adalah Buku Republika, setiap buku yang saya buat resensi akan mendapatkan reward kiriman buku baru untuk saya ulas di media social, ini merupakan sebuah bentuk promosi kepada penulis mereka yang bisa saya bantu.

Sebuah hobi ternyata memberikan banyak manfaat jika kita bisa menggunakan media social itu dengan sangat baik, kita harus memiliki tujuan hidup dalam membuat sebuah tindakan yang ingin kita lakukan. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan