Mohon tunggu...
Irfan Fandi
Irfan Fandi Mohon Tunggu... Menulis dan Membaca adalah suatu aksi yang bisa membuat kita terlihat beda dari orang yang disekitar kita

Email : irvandi00@gmail.com || Suka Baca dan Nonton Film || Pekanbaru, Riau

Selanjutnya

Tutup

Worklife Pilihan

Apakah Sulit Masuk ke Perusahaan Multinasional?

25 Juni 2021   07:10 Diperbarui: 25 Juni 2021   08:26 158 9 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Apakah Sulit Masuk ke Perusahaan Multinasional?
Foto Ilustrasi : Medcom.id

Apakah Sulit Masuk ke Perusahaan Multinasional ?

Semua orang pasti ingin bekerja di dalam sebuah perusahaan yang bergerak secara Multinasional yang berskala besar, peluang dan jenjang karir yang menjanjikan selalu menjadi incaran untuk para pelamar. Terutama bagi Fresh Graduate menjadi sorotan, mereka akan memilih perusahaan mana yang cocok dengan bidang mereka.

Semua orang memiliki chance yang sama untuk bisa masuk di sebuah perusahaan multinasional. Setiap ada kemauan dan bersungguh-sungguh dalam menjalaninya, pasti akan ada jalan terbuka untuk kita bisa masuk dan berkontribusi dalam perusahaan multinasional.

Bagaimana cara kita memulainya ?

Di era digital setiap perusahaan selalu membuka lowongan pekerjaan melalui internet, perusahaan memiliki beberapa platform seperti JobStreet, Linkedln, Facebook dan Instagram. Mereka akan membuka informasi untuk penerimaan karyawan baru di masing-masing akun platform yang mereka miliki.

Sebagai para pelamar kerja, harus rajin untuk mencari informasi. Dengan banyaknya informasi dan relasi teman di luar sana akan lebih mempermudah kita dalam mencari info tentang lowongan pekerjaan. Setiap perusahaan akan membuat sebuah pengumuman dan pemberitahuan bahwa sedang mencari karyawan baru, biasanya info yang dilampirkan sangat lengakp dan kita harus baca satu per satu persyaratan yang diajukan oleh mereka.

Jangan pernah minder atau tidak percaya diri dengan status pendidikan atau nilai kita yang tidak bagus, jika sesuai dengan kriteria dan bidang yang kita inginkan maka kita harus segera mengirimkan atau apply lamaran secepatnya. Waktu sangatlah berharga karena telat sedikit maka kita akan tergeser oleh para pelamar yang lain, untuk Indonesia sendiri lapangan kerja sangat banyak namun lebih banyak para pelamar kerjanya.

Persiapkan diri untuk melaksanakan segala test atau ujian apabila anda terpanggil, karena kesempatan hanya datang sekali dan harus dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya. Test dan ujian yang diberlakukan oleh perusahaan multinasional sangatlah tersistem dengan baik, karena mereka memiliki cara tersendiri dalam merekrut karyawan baru sesuai dengan kriteria yang mereka cari.

Hal yang pertama kali kita terpanggil dalam test, kita harus mengisi data lengkap tentang diri sendiri serta hal yang mengenai diri pribadi calon pelamar kerja. Isilah dengan sebaik-baiknya dan jawaban harus sesuai dengan pertanyaan yang kita baca, hal ini sama dengan mengisi biodata diri dan semua tentang diri kita.

Setelah itu selesai, kita akan berlanjut dengan sesi wawancara dengan Direksi perusahaan yang bersangkutan. Biasanya terdiri dari dua atau tiga orang yang akan mewawancarai kita, pertanyaan yang diajukan lebih kepada pendekatan tentang apa yang telah kita isi dari biodata yang pertama. Jawablah seyakin mungkin dan tidak rumit agar pimpinan perusahaan yang mewawancarai anda senang dengan pembicaraan yang baru dibangun.

Tahap wawancara selesai, kita akan berlanjut kepada Psikotest tertulis. Test ini berisikan soal objective, pilihan ganda dan essay. Jika kamu tidak tahu sebaiknya jawaban dikosongkan saja dari pada asal jawab, karena dengan kemajuan teknologi sekarang semua test sudah dilakukan secara komputerisasi. Jadi apa yang kita jawab langsung terecord dan mendapatkan hasil langsung dari jawaban yang kita isi.

Kombinasi soal terdiri dari matematika, Bahasa Indonesia, IQ, Penalaran Logika dan Aritmatika. Jenis soal kebanyakan terdiri dari pilihan ganda, karena jawaban yang tertera banyak yang menjebak para pelamar untuk menjawab salah jika tidak teliti dan baik membaca soal yang di berikan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN