Mohon tunggu...
Irfan Fandi
Irfan Fandi Mohon Tunggu... Menulis dan Membaca adalah suatu aksi yang bisa membuat kita terlihat beda dari orang yang disekitar kita

Email : irvandi00@gmail.com || Karyawan Swasta || Suka Baca dan Nonton Film || Pekanbaru, Riau

Selanjutnya

Tutup

Kisah Untuk Ramadan

Bulan Ramadhan Mengasah Keterampilan Diri

15 April 2021   18:00 Diperbarui: 15 April 2021   18:02 139 4 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Bulan Ramadhan Mengasah Keterampilan Diri
Foto : //wallpaperflare.com

Hai Kompasianers . . . Bagaimana ibadah puasa kalian hari ini, apakah masih baik-baik saja? Tentu, kalian harus tetap menjaga semangat dan moment terbaik pada bulan ramadhan tahun ini. Bagaimana cara kita bia menikmati bulan puasa ini penuh makna dan bernilai untuk diri kamu dan banyak orang. Tema dihari kedua kompasina sangat pas untuk kita bahas tentang ini yaitu Target menambah Skill Selama Ramadhan.

Kita harus tau  terlebih dahulu apa itu Skill ? Skill atau keterampilan adalah kemampuan untuk menggunakan akal, pikiran, ide dan kreatifitas dalam mengerjakan, mengubah maupun untuk membuat sesuatu yang lebih bermakna sehingga menghasilkan sebuah nilai dari hasil pekerjaan tersebut. Setiap manusia memiliki keterampilan dan kemampuannya masing-masing sesuai dengan apa yang ia miliki. Pada saat bulan ramadhan ini mari kita asah beberapa keterampilan yang ada dalam diri manusia.

Hal masak memasak bukanlah perihal untuk perempuan saja, sekarang laki-laki sudah banyak yang bisa memasak masakan yang enak. Pada bulan ramadhan ini bisa menjadi ajang tempat mengasah kemampuan memasak yang lebih baik lagi, disini bisa masak untuk membuat makan sahur atau membuat takjil atau menu buka puasa yang sangat baik dan sehat untuk seluruh orang-orang tercinta. Atau kita juga bisa melatih kemampuan yang lain untuk membuat kue-kue kering sebagai persiapan untuk menuju lebaran, ini juga bisa disajikan dan digunakan untuk melatih sampai mana batas kemampuan kita dalam mengeksplore menu makanan dan Pastry. Pada momen ramadhan dengan kita berbagi hasil masakan yang kita buat kepada tetangga atau orang-orang terdekat

Foto ://img.freepik.com
Foto ://img.freepik.com

Dengan momen bulan puasa ramdhan, banyak seklai orang yang ingin membuat baju untuk persiapan lebaran yang akan dikenakan nantinya. Orang-orang akan mulai mencari bahan-bahan yang dibutuhkan untuk menjahit kan baju sesuai dengan mode yang diinginkan, ini hal keterampilan yang sangat butuh waktu dan tenaga yang ekstra karena semuanya bekerja berbarengan. Biasanya para pelaku busana akan mulai mengasah kemampuan mereka dalam memilih mode atau trend yang lagi diminati yang mana, mencari warna bahan yang cocok serta pernak-pernik yang mendukung penampilan agar terlihat menarik agar bisa memberikan hasil yang luar biasa dan memuaskan para konsumen.

Foto : //infopublik.id
Foto : //infopublik.id
  • Keterampilan Karya Seni

Ini mungkin tidak semua orang bisa melakukannya, karena hanya orang yang ertentu yang bisa lakukan. seperti membuat hasil kerajinan tangan seperti buat baju rajutan atau aksesoris yang berasal dari bahan wol atau bahan yang bisa dibuat karya. membuat bungan plastik untuk hiasan meja tamu ketika orang hendak bertamu kerumah kita, dengan adanya karya kerajinan tangan tersebut membuat tampilan meja dan suasana lebaran menjadi lebih berasa meriah. Atau dengan membuat sebuah kerajinan tangan ketupat dengan pita yang bisa digantungkan didepan pintu masuuk rumah dalam menyambut tamu, biasanya ketupat itu sebagai simbol dalam lebaran dan dibuatkan ornamen untuk hiasan pintu masuk untuk tamu. Kerajianan seni ini lumayan juga penghasilannya, cuma kita harus ulet dan butuh keterampilan untuk membuat itu semua.

Foto : //ecs7.tokopedia.net
Foto : //ecs7.tokopedia.net
Masih banyak hal yang perlu kita asah dalam diri kita, karena Allah menciptakan manusia itu dengan sempurna. Manusia memiliki akal pikiran untuk berfikir bagaimana untuk selalu berkreasi dan menghasilkan sesuatu, apabila ada yang tidak bekerja maka dia tidak emaksimalkan apa yang diberikan oleh Allah SWt kepada dirinya. Kita adalah maks]hluk yang paling tinggi derajatnya dibanding dengan makhluk lainnya, dengan kesombongan dan keangkuhan kita sebagai manusia maka kita sering terjerumus kepada hal-hal yang buruk dan merusak semuanya.

Berbenahlah untuk mendekatkan diri keapda Allah SWT agar kita diberi jalan yang benar, semua kemampuan yang kita miliki bisa tersalurkan dengan sesuai arah jalan yang benar. Cobalah untuk mengintropeksi diri sendiri agar kita tahu siapa diri kita sebenarnya, apa yang bisa kita lukakan dengan Allah SWT berikan kepada kita. Janganlah bermalas-malasan dengan segala fasilitas yang ada, karena semua yang ada didunia ini sfatnya hanyalah sementara. Coba kita pikirkan kembali dengan baik-baik.

VIDEO PILIHAN