Mohon tunggu...
Irfan Fandi
Irfan Fandi Mohon Tunggu... Menulis dan Membaca adalah suatu aksi yang bisa membuat kita terlihat beda dari orang yang disekitar kita

Email : irvandi00@gmail.com || Karyawan Swasta || Suka Baca dan Nonton Film || Pekanbaru, Riau

Selanjutnya

Tutup

Worklife

Resign, Itu Pilihan!

30 Maret 2021   09:21 Diperbarui: 30 Maret 2021   09:43 87 4 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Resign, Itu Pilihan!
Sumber: https://cdn-asset.jawapos.com/

Banyak alasan orang mau berhenti bekerja (resign) dari tempat kerja yang sekarang, ketidak nyamanan dengan ruang lingkup kerja, tekanan dalam tuntutan kerja, tidak sesuai dengan passion dan lain sebagainya.

Setiap orang berhak untuk memutuskan apa yang menjadi pilihannya, tidak ada yang bisa menghalangi atau membatasi apa yang sudah menjadi keputusan dari orang tersebut. Yang harus kita lakukan adalah mendengarkan penjelasannya setelah itu kita memberikan saran atau masukan yang terbaik agar orang tersebut bisa memikirkan dengan keputusan yang telah dibuatnya.

Jika memang itu adalah keputusan yang bulat, maka yang harus kita lakukan sebagai teman atau rekan kerja dan sahabat adalah memberi support serta mendoakan yang terbaik dengan pilihan yang telah diambil. Silaturahmi yang telah terjaga selalu terus disambung hingga kapan pun.

Jika dipikirkan kembali alasan orang mau resign, itu adalah hal biasa yang sudah terjadi berulang kali dan selalu ada saja alasan yang dijadikan untuk berhenti bekerja. Aku teringat dengan pengalaman ku yang ingin berhenti bekerja, pimpinan ku berkata "Awal kamu melamar di perusahaan ini untuk apa ?" Tanya beliau "bekerja pak" Jawab ku "sekarang sudah dikasi pekerjaan, kok malah keberatan ?" Aku menjawab dengan secara pribadi alasanku dengan beliau, dan akhirnya ia memahami apa maksud dan tujuan ku.

Dari percakapan ku dengan pimpinan tadi sungguh benar adanya, tidak ada alasan yang bisa untuk menghindar dengan jawaban apa pun. Hal yang perlu kita tahu, alasan berhenti harus tepat dan benar sesuai dengan faktanya, jadilah orang yang jujur dalam bersikap maka kita akan lepas dengan cara yang baik tapi jika alasannya tidak tepat maka apa pun alasan nya pasti ada pertanyaan yang menjadi boomerang dan kita tidak bisa menjawabnya kembali.

Kita harus bertanggung jawab dengan apa yang sudah menjadi keputusan kita, berhenti bekerja berarti kita sudah membuat sebuah keputusan yang benar bukan ajang ikut-ikutan. Kenapa demikian ? Karena jangan sampai ada yang namanya penyesalan atau beban mental yang membuat kita berfikir kebelakang, sehingga kata "coba saja kalo aku masih bekerja ditempat dulu, andai saja aku masih bejerja dan punya penghasilan" Hal ini yang harus kita hindari karena ini adalah keputusan kita.

Penyesalan itu terbentuk dari hati kita yang tidak pernah jujur dengan apa yang ingin kita lakukan, apa yang kita lakukan tapi tidak merasa nyaman dan tidak merasa comfort dengan kondisi yang sebenanrnya. Penyesalan diakhir tiadalah berguna, melainkan menatap kembali masa depan dan mengatur langkah, mantapkan diri dan mencoba sesuatu yang baru hingga ada rasa nyaman.

Biasanya keputusan untuk berhenti bekerja harusnya sudah mantap dan dipersiapkan dengan segala hal, agar setelah kita resign maka kita punya langkah langsung untuk maju dan mengatur kembali mental dan diri kita menatap yang baru dengan segala apa pun kondisi. Semoga Sukses

VIDEO PILIHAN