Irfan Fandi
Irfan Fandi Karyawan Swasta

Email : irvandi00@gmail.com || Suka Baca dan Nonton Film || Pekanbaru, Riau

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Kementrian Sosial, Program Keluarga Harapan

2 Maret 2019   20:36 Diperbarui: 2 Maret 2019   20:54 31 0 0
Kementrian Sosial, Program Keluarga Harapan
https://harianrakyatbengkulu.com

Setiap warga negara Indonesia berhak mendapatkan kehidupan yang layak dan sejahtera, begitu juga dengan keseriusan pemerintah dalam menanggulangi kemiskinan yang ada di negeri ini.

Program Keluarga Harapan (PKH) merupakan solusi yang di cadangkan oleh Kementrian Sosial Republik Indonesia untuk mengurangi angka kemiskinan yang menjadi pekerjaan rumah yang paling penting dan harus di selesaikan dengan tindakan serius.

Program Keluarga Harapan ini meliputi tentang Kesehatan, Sosial dan Pendidikan, pemerintah menyediakan fasilitas layanan kesehatan dan pendidikan ini kepada orang-orang yang membutuhkan sesuai dengan kriteria yang telah ditetapkan oleh Kementrian Sosial Republik Indonesia.

1. Kriteria komponen kesehatan, meliputi : Ibu hamil dan anak berusia 0 (nol) sampai dengan 6 (enam) tahun.

2. Kriteria komponen pendidikan, meliputi : Anak SD, SMP/ MTs, SMA/MA dan Anak usia 6 (enam) tahun sampai dengan 21 (dua puluh satu) tahun yang belum menyelesaikan pendidikan 12 (dua belas) tahun.

3. Kriteria komponen sosial, meliputi : Lanjut usia diutamakan mulai dari usia 70 (tujuh puluh) tahun dan penyandang disabilitas diutamakan penyandang disabilitas berat.

Hal ini harus diperhatikan oleh bagian yang bertindak sebagai eksekusi dilapangan agar tidak salah sasaran, jika hal ini benar dilaksanakan dengan baik maka angka kemiskinan dinegeri ini pun dapat diturunkan dari tahun sebelumnya.

Program yang dibuat kementrian sosial ini perlu didukung oleh semua pihak, karena kesejahteraan negeri ini merupakan tujuan kita bersama menuju negera yang besar. Memiliki kesehatan dan pendidikan yang baik, maka akan melahirkan sebuah bibit sumber daya manusia yang berkualitas.

Dengan adanya Program Keluarga Harapan yang dibuat Kementrian Sosial dengan Misi mengurangi dan mnurunkan angka kemiskinan dapat terwujud dengan cara yang baik dan tepat sasaran. Tidak ada penyelewengan dana dan tindakan korupsi, untuk menghindari hal tersebut agar tidak terjadi maka ada pihak yang harus memantau dengan baik oleh anggota yang berwenang bertugas dilapangan.

Sehingga dengan adanya keterbukaan dan transparasi data maka semuanya akan berjalan dengan baik sesuai yang kita harapkan bersama. Dengan itu seluruh warga negara indonsia harus percaya dan mendukung terus program ini agar terlaksana dengan baik. 

Jika ada terjadi hal-hal yang mencurigakan atau merugikan maka dibutuhkan kerja sama untuk melaporkan tindakan tersebut kepada pihak yang berwajib agar ditindak lanjuti dengan sesuai hukum yang berlaku.

Kita harus sadar bahwa negeri kita ini kaya akan segalanya, maka kita harus berusaha dan gigih dengan mewujudkan hidup yang lebih layak dan bahagia. Kesejahteraan yang merata merupakan hak bagi seluruh rakyat indonesia, untuk itu dibutuhkan keadilan dan kepemimpinan yang bertanggung jawab dan amanah.

Kita berharap Program Keluarga Harapan menjadi solusi yang baik untuk mengurangi kemiskinan dan kebodohan yang ada dinegeri ini, semua orang berhak untuk sehat, sekolah yang layak dan hidup sejahtera. Saatnya kita bersatu menuju Indonesia yang lebih baik kedepan.