Mohon tunggu...
IRFAN ARDHIANTO
IRFAN ARDHIANTO Mohon Tunggu... UNIVERSITAS AMIKOM YOGYAKARTA

UNIVERSITAS AMIKOM YOGYAKARTA

Selanjutnya

Tutup

Bisnis

5 Hal Penting untuk Anak Muda Memulai Bisnis

19 April 2021   23:27 Diperbarui: 20 April 2021   00:12 49 1 0 Mohon Tunggu...

Dijaman millennial saat kini apalagi saat pandemi, mendorong para anak muda untuk mengisi waktu luang saat pembelajaran daring seperti mengisi dengan membuat bisnis kecil-kecilan yang membutuhkan modal maupun tidak. Tidak hanya mengisi waktu luang melainkan juga membantu orang tua meringankan beban biaya, karena juga anak muda cepat belajar dan semangat karena hal ini banyak anak muda yang berawal dari iseng menjadi jutawan karena hasil isengnya. Namun sebelum memulai usaha kita harus tahu 5 hal ini sebelum memulai :

1. Melihat Pasar Masyarakat

Sebelum memulai kita harus melihat kebutuhan atau minat masyarakat terhadap produk kita, jika minat masyarakat tinggi terhadap produkmu maka merupakan peluang yang baik untuk kamu, namun jika minat produk kurang makan akan kecil juga peluangnya maka dari itu kita harus menganalisis kebutuhan pasar saat ini

2. Membuat Inovasi

Pastikan kamu membuat produk yang memiliki perkembangan atau ide untuk produk kamu karena dengan hal ini berarti produk kamu memiliki keunggulan tersendiri daripada kompetitor lainnya.

Contoh : Masker yang merupakan sekarang sebagai kebutuhan premier karena sangat penting, kamu yang ingin memiliki produk sendiri dengan keunggulan daripada competitor yaitu dengan memberik strap kalung agar masker tidak hilang sehingga hal ini merupakan inovasi terbaru agar tidak sering kehilangan masker

3. Menjaga Kualitas

Menjaga kualitas merupakaan hal yang penting agar bisnis kamu bisa bertahan, mungkin bagi produsen merupakan hal yang tidak terlalu penting namun bagi konsumen kualitas sangatlah penting karena dengan kualiats yang bagus maka konsumen tersebut sangat memungkinkan untuk membeli kembali ke kamu.

4. Mengikuti Pasar

Sebelum membuat bisnis kita harus bisa beradaptasi dengan pasar, jika kamu tidak bisa adapatasi dengan pasar sangat kecil kemungkinan untuk bisa bertahan, adapatasi bisa berupa pasar, harga, jualan. Contoh : Berjualan makanann dimsum kompetitor menjual dengan harga 2 ribu maka kamu menjual 5 ribu maka akan kesulita bertahan karena kita harus melihat ke kebutuhan pasar tadi apakah kita worth it untuk dibeli produknya, maka dari itu kita menurunkan menjadi 3 ribu namun dengan kualiats yang lebih bagus daripada 2 ribu. Ketika competitor menggunakan go-food dan kamu belum maka akan tergerus bisnis kamu karena kalah oleh komeptitor

5. Mulai Bisnis Dari Yang Kamu Sukai

Jika kita berbisnis yang sesuai dengan kita sukai maka kita akan cepat belajar dan pastinya semangat karena merupakan kesenangan bagi kita sendiri, perbedaanya adalah jika kita berbisnis dengan yang kita sukai maka kit ajika gagal atau tidak seperti realitas maka kita akan tidak terlalu sedih dan menggangap sebagai pelajran untuk selanjutnya.

Contoh : Ridwan suka baju dan sepatu atau juga disebut fashion pria, karena kesukaan nya ini maka ridwan semakin menekuni dan membuat relasi agar bisnisnya berkembang yang diawali dengan benih suka maka ridwan akan terus belajar mengembangkan agar bisa bertahan.

Bagaimana dengan tips diatas? Mungkin bisa membantu kalian untuk memulai bisnis kecil-kecilan untuk kaum muda, sekian artikel 5 Hal Penting Untuk Anak Muda Memulai Bisnis semoga dapat bermanfaat artikel ini untuk para kaula muda, sekian terimakasih.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x