Mohon tunggu...
Irfana SaktyaWidyastama
Irfana SaktyaWidyastama Mohon Tunggu... Pelajar Sekolah - Mahasiswa

Slamat datang dan silakan membaca

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Minuman Isotonik untuk Memenuhi Cairan Tubuh Setelah Olahraga

25 Juli 2021   11:29 Diperbarui: 25 Juli 2021   12:04 38 0 0 Mohon Tunggu...

Biasanya kita mencari minuman isotonik untuk memenuhi cairan tubuh, karena minuman isotonik ini mengandung ION yang bisa menggantikan cairan tubuh yang hilang pada saat kita berolahraga. Di usia 14 tahun ke atas, kita membutuhkan cairan 2 liter per hari, termasuk cairan ION.

Sebanyak 60% tubuh kita terdiri dari cairan. Selain air, di dalam tubuh manusia juga mengandung cairan yang bernama ION. Dibuktikan dari air mata, keringat, dan darah yang terasa asin. Menurut Badan Standarisasi Nasional (BSN), minuman isotonik merupakan salah satu produk minuman ringan karbonasi atau non karbonasi untuk meningkatkan kebugaran, yang mengandung gula, asam sitrat, dan mineral.

Istilah isotonik seringkali digunakan untuk larutan minuman yang memiliki nilai osmolaitas (konsentrasi dalam suatu larutan), yang mirip dengan cairan tubuh (darah), sekitar 280 mOsm/kg H2O.

Jika tubuh dalam kondisi normal, setiap harinya manusia membutuhkan cairan dengan jumlah rata-rata 2.000 sampai 2.500 ml untuk mengganti cairan yang keluar melalui pernafasan, keringat, dan urin. Jumlah cairan yang keluar pun makin banyak Jika tubuh melakukan kerja fisik yang terlalu berat atau sedang diare.

Akibatnya, tubuh membutuhkan cairan pengganti. Tapi air putih saja ternyata nggak cukup. Dibutuhkan cairan elektrolit seperti isotonik. Tapi apakah minuman isotonik bisa menggantikan fungsi air putih? Cek fakta- faktanya dulu, nih.

Cairan elektrolit merupakan garam yang penting bagi tubuh. Kalau larutan ini nggak ada, air putih nggak akan terserap sempurna dan menimbulkan dehidrasi pada tubuh. Jadi jangan bingung ketika udah merasa cukup minum, tapi kita masih terasa kurang di dalam tubuh. Kalau kebutuhan cairan ini nggak terpenuhi, metabolisme tubuh akan menurun dan mengganggu proses pencernaan, penyerapan zat-zat gizi, hingga temperatur tubuh.


- Minuman isotonik sebaiknya dikonsumsi bagi penyuka olahraga kardio seperti bulutangkis, jogging, body pump, dan sebagainya. Terutama bila waktu latihan lebih dari 60 menit. Seusai berolahraga, kebutuhan cairan bisa kembali pada air putih biasa.


- Minuman isotonik juga bermanfaat untuk membantu penyembuhan diare. Karena penderita diare sangat rentan terkena dehidrasi. Salah satu kelebihan minuman isotonik ini adalah perannya bisa menggantikan oralit. Sebab, kandungan mineral kedua minuman ini nyaris sama.


  Kalau cairan tubuh berkurang sebanyak 5%, performa kita akan turun sebesar 20%-30%. Jika berkurangnya sebanyak 10 %, maka kita akan mengalami kelelahan akut.

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN