Mohon tunggu...
Irfan Fadhilah
Irfan Fadhilah Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

-

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Tugas Pasca Gladi Hominisasi 7

27 November 2022   13:30 Diperbarui: 27 November 2022   13:36 41
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Nama: Irfan Fadhilah

NPM: 6162201107

Tugas Pasca Gladi Hominisasi 7

               Pada hari Minggu, 20 November 2022, saya dan sebagian teman angkatan saya mengikuti acara gladi hominisasi ke-7 yang diselenggarakan oleh UNPAR. Acara ini merupakan acara yang bertujuan untuk membangun kepribadian anak generasi muda untuk lebih menggunakan Bahasa Indonesia terutama dalam lingkup perkuliahan. Sebelum acara tersebut dimulai, kami semua diberikan tugas pra-gladi berupa menonton video nyanyian lagu Indonesia raya tiga stanza serta film dokumenter dari sepuluh pilihan film yang telah diberikan. Setelah menonton film serta mendengarkan lagu Indonesia raya, masing-masing dari kami ditugaskan untuk mengomentari atau memberikan pendapat terkait film dokumenter yang telah ditonton.

               Pada hari acara gladi Hominisasi 7, kami semua masuk ke dalam ruangan zoom yang selanjutnya terbagi menjadi beberapa kelompok. Setelah diberikan materi, kami semua ditugaskan untuk membuat sebuah presentasi perkelompok sesuai dengan tema yang telah diberikan. Saya dan kelompok saya mempresentasikan sebuah podcast dengan tema hari pahlawan. Penampilan kelompok kami memang bukan yang terbaik, tetapi kami semua sudah berusaha semaksimal mungkin untuk membuat dan menampilkan presentasi yang terbaik dalam waktu yang singkat.

Setelah mengikuti gladi Hominisasi 7, saya merasa bahwa saya menjadi lebih mengerti terkait penggunaan Bahasa serta pentingnya peran generasi muda dalam melestarikan budaya dan Bahasa Indonesia untuk masa depan. Presentasi materi serta pemberian tugas memberikan saya kesempatan untuk lebih berpikir kritis terhadap pentingnya peran generasi muda.

Dalam menjadi seorang warga negara Indonesia, tentunya penggunaan logika dan Bahasa sangat diperlukan. Dalam kehidupan, pasti akan ada saat dimana muncul sebuah masalah di lingkungan sekitar. Dengan mengasah kemampuan logika dan bahasa, kita dapat berpikir secara kritis untuk menemukan pemecahan dari masalah tersebut, terutama dengan bantuan warga negara lain dan gotong royong.

Setelah mengikuti Gladi Hominisasi, saya merasakan banyak manfaat yang telah didapatkan. Manfaat utama yang saya rasakan adalah meningkatnya skill dalam bekerja sama bersama kelompok. Pada gladi hominisasi kemarin, kami semua ditugaskan untuk membuat sebuah presentasi yang langsung ditampilkan hari itu juga. Dengan menggunakan waktu yang sedikit, saya dan kelompok saya berhasil bekerja sama untuk dapat menyelesaikan tugas tersebut. Hasil kita memang masih jauh dari sempurna, tapi kita mampu bekerja sama walaupun belum mengenal satu sama lain sebelumnya.

Cara paling utama untuk meningkatkan kemampuan dalam berpikir dan berbahasa menurut saya adalah dengan berkomunikasi dan bersosialisasi. Dengan bersosialisasi dengan orang lain, terutama bekerja sama untuk satu tujuan, skill berbahasa dan berpikir akan meningkat dengan pesat. Tukar opini dan saran dengan orang lain juga salah satu peningkat utama dalam meningkatkan skill berbahasa. Contohnya yaitu dengan mengikuti dan aktif berperan dalam pembuatan gladi hominisasi kemarin.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun