Mohon tunggu...
Irfan Maulana
Irfan Maulana Mohon Tunggu... Buku Dan Pena Adalah Sahabat Saya

Lahir 11 Juli 1997 Hobi menulis adalah hobi saya selain membaca dan olahraga merupakan hobi dari saya .

Selanjutnya

Tutup

Kisah Untuk Ramadan Pilihan

Buka Puasa Itu Enaknya Pake Gorengan, Bubur Sumsum, atau Es Campur?

13 April 2021   17:34 Diperbarui: 13 April 2021   17:57 401 7 3 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Buka Puasa Itu Enaknya Pake Gorengan, Bubur Sumsum, atau Es Campur?
Berbagai menu takjil . Sumber: Liputan 6.com

Puasa Ramadhan 1442 Hijriyah telah ditetapkan oleh Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas pada Selasa tanggal 13 April 2021 ini dan sekaligus ini menjadi hari pertama bagi masyarakat Indonesia dan seluruh dunia yang beragama Islam untuk menunaikan ibadah puasa Ramadhan . Ibadah puasa Ramadhan juga menjadi wajib hukumnya , menurut fiqih apabila dilaksanakan mendapat pahala , Jika tidak berpuasa maka akan berdosa .

Selain itu meski demikian , ada berbagai hal unik seputar bulan suci Ramadhan . Yang paling menarik perhatian dan banyak dicari orang , terutama pada waktu sore hari menjelang waktu berbuka puasa Ramadhan adalah menu takjil . Menu takjil sendiri pun ada berbagai jenis diantaranya seperti gorengan , bubur sumsum , kurma , atau menu penyegar setelah seharian berpuasa yaitu es campur atau es buah .

Harganya juga cukup murah dan terjangkau , mulai dari 5000 rupiah saja tentu kita sudah bisa membeli satu menu takjil misalnya gorengan . Gorengan sendiri juga ada berbagai macam diantaranya adalah tempe mendoan , tahu bulat , bakwan goreng , risoles dan lain sebagainya . 

Meski demikian , ada juga menu berbuka puasa yang sangat dianjurkan seperti Sunnah Nabi Muhammad Rasulullah Saw yang adalah menunya kurma . Rasanya yang manis dan legit tentu saja membuat hampir semua masyarakat Indonesia juga memfavoritkan kurma sebagai menu buka puasa , bukan itu saja kurma juga bisa dikonsumsi pada saat sahur sebagai menu pendamping . Tentu saja inilah kenikmatan yang luar biasa yang tentunya tidak akan pernah ditemukan pada bulan-bulan seperti bulan puasa Ramadhan . 

Selain kurma ada juga menu berbuka puasa seperti teh manis hangat , sederhana namun tetap menjadi pemanis pada saat kita berbuka puasa . Teh manis hangat juga kadang-kadang bisa kita konsumsi saat sahur sebagai menu pendamping dari nasi dan lauk-pauknya .

Menu berikutnya adalah bubur sumsum , rasanya manis dan dipenuhi oleh kuah gula merah yang membuat bubur ini semakin manis . Seperti pepatah mengatakan , " Berbukalah dengan menu yang manis " , . Bubur sumsum ini juga ada varian tambahan lainnya yang misalnya ditambahkan dengan biji salak dan ada sedikit aroma daun pandan yang membuat bubur ini menjadi lebih sedap aromanya .

Selain itu ada juga menu berbuka puasa Ramadhan yang pastinya juga banyak dicari orang , terutama untuk menghilangkan rasa haus seperti es campur atau es buah . Meskipun demikian , kita sebaiknya dianjurkan terlebih dahulu berbuka puasa dengan minum air putih sebanyak 2 gelas , barulah setelah itu kita bisa minum baik es campur ataupun es buah .

Menu es campur yang rasanya segar maupun es buah diyakini bisa menjadi penyemangat saat kita berbuka puasa dan pastinya dari es campur ini juga ada berbagai campuran bahan seperti kolang Kaling , pacar cina , terkadang ada juga yang menggunakan tambahan buah seperti es campur durian .

Selain menu es campur , yang tidak kalah enaknya adalah es buah . Menu yang satu ini juga laris dan banyak dicari orang untuk menu buka puasa . Es buah juga terdiri dari hampir semua menu buah-buahan segar yang pastinya membuat kita menjadi semangat untuk berbuka puasa setelah seharian berpuasa . Ditambah lagi dengan tambahan susu sebagai pelengkap tentu saja ini yang membuat es buah rasanya semakin manis .

Nah kira-kira kalo kamu buka puasa pake apa ? Selamat menunggu waktu berbuka puasa dan selamat menjalankan ibadah puasa Ramadhan . Demikian saya Irfan Maulana terima kasih dan salam hangat selalu untuk kita semua . 

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x