Mohon tunggu...
Irene Maria Nisiho
Irene Maria Nisiho Mohon Tunggu... Administrasi - Ibu rumah tangga

Nenek 6 cucu, hobby berkebun, membaca, menulis dan bercerita.

Selanjutnya

Tutup

Diary Pilihan

Perayaan Kue Bulan yang Selalu Kukenang

20 September 2021   20:17 Diperbarui: 20 September 2021   21:40 441 25 3
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Perayaan Kue Bulan yang Selalu Kukenang
Kue bulan yang hadir setahun sekali, isi tausa (Foto: Irene)

Perayaan Kue Bulan atau Mooncake Festival tahun ini jatuh pada tanggal 21 September 2021. Tanggal Masehi nya tidak tetap karena mengikuti penanggalan Lunar yang selalu jatuh pada tanggal lima belas bulan delapan.

Jelang Perayaan Kue Bulan akan ditandai dengan bermunculannya penjual kue bulan terutama di Chinatown. Seperti apa kue bulan itu? Buat yang belum tahu, bisa melihat foto yang saya sertakan di sini. Kue bulan ini, hanya dibuat setahun sekali. Sesudah tanggal lima belas, maka kue bulan ini juga akan berakhir penjualannya. Unik, ya?!

Perayaan ini terkait dengan kisah legenda dua sejoli Hou Yi dan Chang E.

Kisah legenda ini mudah ditemukan di internet, maka saya rasa tidak perlu saya ceritakan di sini.

Yang akan saya kisahkan di sini adalah perayaan kue bulan di rumah keluarga kami pada masa kanak-kanak saya. Ingatan akan perayaan itu masih lekat terekam di dalam ingatan saya dan akan selamanya saya kenang.

Kami tinggal di Chinatown yang jalannya termasuk sempit. Namun, saat itu tidak saya sadari, rasanya biasa-biasa saja. Kami termasuk beruntung. Walau jalanan sempit, rumah-rumah di sana tidak berhimpitan karena kavling-kavling nya lumayan luas.

Rumah kami berlantai dua. Lantai atas rumah kami hanya sebagian yang dibangun, bagian belakangnya dibiarkan kosong sebagai ruang terbuka saja. 

Lumayan luas. Area ini kami sebut langkang. Langkang, entah berasal dari bahasa apa ya? Zaman now biasanya disebut tempat jemuran. Nah, di langkang inilah banyak peristiwa yang penuh kenangan buat saya, salah satunya, nikmatnya perayaan kue bulan.

Kue bulan isi lotus (Foto: Irene)
Kue bulan isi lotus (Foto: Irene)

Perayaan kue bulan buat kami bersaudara begitu berkesan dan rasanya tidak akan saya lupakan. Pada malam itu orangtua kami akan melakukan ritual sembahyang kue bulan atau Tiong Ciu Pia yang artinya kue/pia pertengahan musim gugur. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Diary Selengkapnya
Lihat Diary Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
LAPORKAN KONTEN
Alasan