Mohon tunggu...
Irene Maria Nisiho
Irene Maria Nisiho Mohon Tunggu... Administrasi - Ibu rumah tangga

Nenek 6 cucu, hobby berkebun, membaca, menulis dan bercerita.

Selanjutnya

Tutup

Healthy Pilihan

Waduh, Satu Ginjalku Sudah Tidak Berfungsi!

7 Maret 2018   20:17 Diperbarui: 10 Februari 2019   19:01 1828
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi: Shutterstock

Sebentar lagi dunia akan memperingati Hari Ginjal, maka saya hendak berbagi sedikit  pengalaman saya yang mungkin bisa menjadi masukan buat para Kompasianer dan sahabat yang membacanya.

"Ginjal kiri Ibu bengkak dan sudah tidak berfungsi," kata dokter. Sejak mengetahui kondisi satu ginjal saya sudah kronis, sejak itu saya pun mulai merasa menjadi orang sakit.

Padahal sebelumnya saya baik-baik saja, walau ada sedikit keluhan cepat lelah dan bagian belakang lipatan lutut kanan agak sakit jika saya berjalan, juga ada rasa kebas mulai dari bawah lutut kanan sampai kaki. Rasa kebas inilah yang membawa saya konsultasi ke dokter, karena saya takut lumpuh.

Lipatan lutut sembuh setelah menjalani fisioterapi selama enam kali, tetapi rasa kebas itu belum hilang dan kadang terasa dingin.

Karena itu dokter merujuk saya untuk MRI( Magnetic Resonance Imagine) Lumbosacral/ ruas tulang belakang bawah

Nah dari hasil MRI inilah ada tambahan keterangan bahwa ginjal kiri membesar. Jadi, di samping kelainan tulang belakang ditemukan masalah ginjal yang serius.

Dari Dokter Orthopedi saya dirujuk ke Dokter Urologi. Kemudian dilakukan beberapa macam tes untuk memperjelas keadaan ginjal saya. Tahap selanjutnya adalah Foto Kontras, USG dan terakhir CT Scan.

Ternyata ureter ginjal kiri menyempit bukan karena batu dan syukur bukan tumor. Tadinya dikira ada batu yang menyumbat. Kalau tersumbat batu mungkin masalahnya lebih mudah.

Mengapa saya tidak merasakan gejala sakit pinggang dan lain-lain gejala yang umum dialami pada penderita sakit ginjal, ya?!

Saya di diagnosis Hydronephrosis.

Apa itu? Maaf tanya Mr. Google saja ya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun