Mohon tunggu...
Irene Cynthia Hadi
Irene Cynthia Hadi Mohon Tunggu... Editor - Editor

Just an ordinary girl from Surakarta, who writes perfect moments at the perfect time...

Selanjutnya

Tutup

Worklife Artikel Utama

Content Writer, Profesi Kekinian yang Kerap Mengundang Pertanyaan

26 Februari 2020   09:58 Diperbarui: 26 Februari 2020   15:08 3591
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi content writer (Sumber: Unsplash/ Icons8)

"Pekerjaanmu itu kira-kira ngapain sih?"

"Oh..nulis doang.."

"Nulis terus dipublish gitu aja yah?"

Sederet pertanyaan tersebut seringkali menderet ke telinga saya saat harus menjelaskan tentang pekerjaan saya sebagai content writer. Ya, selama hampir 3 tahun ini saya memang bekerja di bidang penulisan dunia entertainment dan lifestyle di salah satu media besar di Indonesia.

Awalnya, saat saya pertama kali bekerja, saya pun tak tahu apa yang dimaksud dengan content writer itu. Apalagi saya lulus dari jurusan Ilmu Komunikasi dengan konsentrasi studi jurnalistik yang lebih banyak membahas tentang media cetak.

Bagi saya yang waktu itu lulus di tahun 2016 akhir, istilah content writer adalah hal baru. Saya pun harus belajar dari awal demi mendalami pekerjaan yang mulai ngetrend ini.

Lalu, apa sih sebenarnya content writer itu?

Content writer adalah orang yang menuangkan ide kreatif dalam bentuk tulisan di media online. Ide yang dituangkan bisa bermacam-macam, sesuai dengan bidang penulisan mereka masing-masing.

Semisal, ada content writer di bidang kuliner yang mengulik soal apa saja makanan yang ngetrend di tahun 2020 serta deretan kafe kopi yang Instagrammable dan murah meriah.

Lalu ada juga content writer di bidang fashion and beauty yang merujuk kepada berbagai trend makeup, rekomendasi makeup murah dan tahan lama serta mix and match baju untuk wanita karir.

Di bidang entertainment, cakupan pembahasan content writer jauh lebih luas lagi. Mulai dari rumah artis, baju dan tas yang dikenakan mereka hingga arti nama anak, gaya liburan serta kemewahan yang mereka tampilkan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Worklife Selengkapnya
Lihat Worklife Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun