Mohon tunggu...
Irene Cynthia Hadi
Irene Cynthia Hadi Mohon Tunggu... Jurnalis

Just an ordinary girl from Surakarta, who writes perfect moments at the perfect time...

Selanjutnya

Tutup

Karir Artikel Utama

Content Writer, Profesi Kekinian yang Kerap Mengundang Pertanyaan

26 Februari 2020   09:58 Diperbarui: 26 Februari 2020   15:08 3199 28 5 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Content Writer, Profesi Kekinian yang Kerap Mengundang Pertanyaan
Ilustrasi content writer (Sumber: Unsplash/ Icons8)

"Pekerjaanmu itu kira-kira ngapain sih?"

"Oh..nulis doang.."

"Nulis terus dipublish gitu aja yah?"

Sederet pertanyaan tersebut seringkali menderet ke telinga saya saat harus menjelaskan tentang pekerjaan saya sebagai content writer. Ya, selama hampir 3 tahun ini saya memang bekerja di bidang penulisan dunia entertainment dan lifestyle di salah satu media besar di Indonesia.

Awalnya, saat saya pertama kali bekerja, saya pun tak tahu apa yang dimaksud dengan content writer itu. Apalagi saya lulus dari jurusan Ilmu Komunikasi dengan konsentrasi studi jurnalistik yang lebih banyak membahas tentang media cetak.

Bagi saya yang waktu itu lulus di tahun 2016 akhir, istilah content writer adalah hal baru. Saya pun harus belajar dari awal demi mendalami pekerjaan yang mulai ngetrend ini.

Lalu, apa sih sebenarnya content writer itu?

Content writer adalah orang yang menuangkan ide kreatif dalam bentuk tulisan di media online. Ide yang dituangkan bisa bermacam-macam, sesuai dengan bidang penulisan mereka masing-masing.

Semisal, ada content writer di bidang kuliner yang mengulik soal apa saja makanan yang ngetrend di tahun 2020 serta deretan kafe kopi yang Instagrammable dan murah meriah.

Lalu ada juga content writer di bidang fashion and beauty yang merujuk kepada berbagai trend makeup, rekomendasi makeup murah dan tahan lama serta mix and match baju untuk wanita karir.

Di bidang entertainment, cakupan pembahasan content writer jauh lebih luas lagi. Mulai dari rumah artis, baju dan tas yang dikenakan mereka hingga arti nama anak, gaya liburan serta kemewahan yang mereka tampilkan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN