Mohon tunggu...
Nita Rien
Nita Rien Mohon Tunggu... Administrasi - Karyawan

Menulis adalah cara saya melatih diri untuk bertanggungjawab dengan apa yg sudah dikaruniakan pada saya.

Selanjutnya

Tutup

Lyfe

Bersih-bersih AC

20 September 2019   12:25 Diperbarui: 20 September 2019   12:29 2
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
AC yg kotor sedang dibersihkan (dokumentasi pribadi)

Memiliki alat pendingin udara atau lazimnya disebut AC harus dibarengi dengan pengetahuan tentang cara pemakaiannya juga. Kelihatan mudah ya. Setelah terpasang, tinggal ambil remote AC dan pencet suhu yg kita inginkan. Dan seketikapun udara di ruangan menjadi sejuk. Saya pribadi tidak menggunakan AC di rumah karena beberapa pertimbangan. 

Di kantor sudah dipastikan menggunakan AC. Berhubung perusahaan tempat saya bekerja masih terhitung baru, kami hanya menempati bangunan ruko yg terletak di lokasi yg cukup strategis. 

Untuk ruangan kerja kami yg berisi 4 meja kerja dengan luas ruangan yg sedang besarnya, terdapat 2 buah AC yg terpasang. Yg sering digunakan hanya 1 buah AC saja, yg kebetulan posisinya ada di dekat meja kerja saya.

Dasarnya saya tidak menggunakan AC di rumah, saya juga tidak terpikir bahwa secara rutin AC itu harus dibersihkan. Iya, pernah sih dengar kata orang harus dibersihkan. Tapi saya berpikir ini kan lokasi rukonya ada di dalam kompleks ruko jadi tidak langsung di pinggir jalan, harusnya tidak terlalu kotor. Dan tiap hari kami nyalakan AC tersebut mulai dari jam 9-an sampai jam 4 sore. Jam kerja sebenarnya jam 8:00 sampai jam 4:30 sore. Karena seringnya hanya saya dan teman saya yg ada di kantor, AC tidak langsung dinyalakan dari pagi. 

Sampai suatu saat, AC sudah tidak begitu terasa kesejukannya. Mulailah kami mencari tukang untuk membersihkan AC tersebut. Saat dibuka ternyata AC yg sering kami pakai tersebut sangat sangat kotor dibandingkan AC yg satunya lagi. 

Biaya untuk membersihkannya pun jadi 3x lipat lebih mahal dibanding AC satu lagi yg jarang sekali kami nyalakan. Dan tukang AC pun memberi masukan kepada kami untuk rutin membersihkan AC jangan sampai bertahun-tahun tidak pernah dibersihkan. 

Mohon tunggu...

Lihat Konten Lyfe Selengkapnya
Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun