Mohon tunggu...
Ira Lathief
Ira Lathief Mohon Tunggu... Penulis - A Friend for Everybody, A Story Teller by Heart

Blogger、Author of 17 books、Creativepreneur, Founder @wisatakreatifjakarta @festivalkebhinekaan Personal Blog :www.iralennon.blogspot.com. IG @creative_traveler

Selanjutnya

Tutup

Foodie Pilihan

Jelajah Kuliner Unik Makin Mudah dan Untung dengan Kartu Kredit

3 Oktober 2022   17:43 Diperbarui: 11 Oktober 2022   13:48 1902 7 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
 Ilustrasi balon udara panas di Cappadocia, Turki. (UNSPLASH/TIMUR GARIFOV) via kompas.com

Belakangan ini, Turki menjadi salah satu negara impian bagi para Traveler Indonesia, apalagi sejak booming web series Layangan Putus yang dibintangi oleh mantan saya, Reza Rahadian (ehm!). 

Akibat series Layangan Putus yang viral, salah satu efeknya adalah banyak orang yang penasaran dengan negara Turki termasuk mengunjungi Cappadocia dan naik balon udara yang disebutkan oleh tokoh Kinan.

Nah belum lama ini, saya juga pelesiran ke Turki dan keliling ke banyak spot wisata di berbagai kota termasuk untuk jelajah kuliner.

Dari pengalaman Traveling dan Jelajah Kuliner di Turki, saya mendapati begitu banyak dessert atau manisan khas Turki yang bikin ketagihan. Dan yang unik ternyata, banyak dessert khas Turki yang telah mendunia adalah kuliner peninggalan zaman kejayaan kesultanan Islam Ottoman sejak abad ke 15.

Sebelum berburu kuliner di Turki, simak 3 top rekomendasi dessert khas Turki:

Dokumentasi pribadi
Dokumentasi pribadi

1. Turkish Delight 

Turkish Delight atau dalam Bahasa lokal disebut Locum, bertekstur seperti jeli (atau dodol kalau di Indonesia) dengan bentuk potongan kubus.

Turkish Delight original umumnya kombinasi antara tepung, gula atau madu, air mawar dan kacang pistachio. Saat ini begitu banyak varian Turkish Delight dengan rasa kekinian seperti Nutella, Oreo, dll. 

Menurut cerita, Turkish Delight ini sudah ada sejak abad 15, dan berupa manisan kesukaan para Sultan Ottoman dan keluarganya. Di Turki sendiri, banyak merk oleh-oleh Turkish Delight yang perusahaannya telah beroperasi ratusan tahun. Luar biasa kan, di Indonesia saja saya nggak pernah denger ada merk kuliner yang usianya berabad-abad.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Foodie Selengkapnya
Lihat Foodie Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan