Mohon tunggu...
Iradah haris
Iradah haris Mohon Tunggu... We do not need slogan anymore, we need equality in reality

Wanita yang selalu hidup di tengah keriuh-riangan rumah dan sekitar lingkungan. "Happy live is about happy wife" 😍

Selanjutnya

Tutup

Tebar Hikmah Ramadan Pilihan

Diaspora Bawean Salurkan Donasi Online ke Kampung Halaman

6 Mei 2021   23:44 Diperbarui: 7 Mei 2021   00:26 261 3 0 Mohon Tunggu...

TUBAN. Era serba digital ini, hubungan antara manusia semakin dimudahkan. Dunia tidak ada jarak dan nyaris tanpa sekat. Melalui online orang bisa melakukan apa saja termasuk berzakat, bersedekah atau pun berdonasi. Demikian sekilas laporan tentang kegiatan warga diaspora Bawean menyalurkan donasi online ke kampung halaman.

-----


Zoom meting Februari lalu membahas tentang pemolesan marmer dan awning kanopi teras masjid. Panitia masjid Arrahmah, Desa Gelam, Kec Tambak, Pulau Bawean serius memaparkan detil-detil rencana kerja dalam rapat virtual itu. 

Undangan yang hadir meeting virtual itu tidak hanya dari panitia masjid di Indonesia saja, namun juga para petinggi PGBM (Persatuan Gelam Bawean Malaysia), sebuah organisasi persatuan warga Bawean di Malaysia.

Mereka adalah warga diaspora Bawean yang selama ini mendukung kerja-kerja pemugaran masjid si kampung asal mereka. Tidak cukup dukungan pemikiran saja namun jugaa tenaga dan finansial. 

Donasi online dari grup-grup di media sosial yang berhasil dikumpulkan melalui PGBM tidak hanya dari diaspora Bawean di seluruh Malaysia. Namun juga yang  dari Singapura turut tergerak melakukan kebaikan unuk kemaslahatan.

Praktis dari rencana kerja, berapa dana yang disepakati, penggalangan dana, pengerjaan, pengiriman donasi, komplain dan pelaporan, seluruhnya berlangsung (online). Tidak ada sesi tatap muka langsung. Semua bekerja sesuai kapasitasnya, online saja.

Satu hal karena pandemi membatasi semua pihak untuk tidak keluar negara masing-masing. Kedua, karena proyek ini merupakan proyek lanjutan dari 9 tahun sebelumnya.

Kembali ke zoom, tak kalah serius AJK (anggauta Jawatan Kuasa) PGBM pun membahas detil pengerjaan proyek yang diusulkan panitia masjid. Maklum umumnya AJK PGBM yang hadir dalam meeting zoom berprofesi sebagai sub-sub kontraktor senior di Malaysia. 

Makanya tidak perlu heran, urusan kerja-kerja pembangunan, hitungan dana, hingga menentukan target waktu pengerjaan proyek poles marmer dan awning kanopi masjid begini, sudah menjadi keahlian mereka.

Diperkiraan pekerjaan pemolesan marmer selesai 2 minggu. Ditambah pemasangan awning kanopi masjid, waktu tenggangnya tepat seminggu sebelum Idul Fitri 1442 H.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN