ira brahmana
ira brahmana mahasiswa

Suka nulis walau masih amatir dn banyak typo

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Tips Wawancara SKB CPNS

7 Desember 2017   10:27 Diperbarui: 7 Desember 2017   10:56 327 0 0

Rangkaian tes cpns kemenkumham tahun anggran 2017 ditutup dengan tes penampilan fisik dan wawancara. Saya akan share beberapa tips dan seputar pertanyaan yang sering diajukan oleh pewawancara. Memang sudah sangat lama untuk pist tapi mengingat 2018 isu nya akan dibuka lagi CPNS, mungkin ini bisa sedikit membantu. ketika wawancara kebetulan saya dapat pewawancara bukan dari kanwil yang saya pilih tapi dari pusat. susahnya adalah ketika saya kecepelosan memakai bahasa daerah Jambi dan mereka tidak mengerti. Ok kita kulik tips untuk berhasil wawancara.

1. Jual dirimu sebaik mungkin

ini adalah point paling utama dalam keberhasilan wawancara, pewawancara ingin melihat seoptimis apa kamu untuk mengisi lowongan tersebut. Usahakan ceritakan semua kemampuanmu namun yang relevan dengan posisi yang diincar. Jika disuruh menceritakan tentang diri kita, jangan habiskan waktu untuk membeberkan hal hal yang tidak relevan dengan pekerjaan. 

Misalnya menceritakan hobby, curhat yang berkepanjangan. Contoh waktu saya diberi pertanyaan mengenai diri saya ucapakan nama, anak keberapa, sekolah dimana, dan saya utarakan tempat saya magang di Kemenkumham. Itu adalah poin Plus nya karena menjadi pemicu ketertarikan pewawancara. Mereka akan tertarik karena saya sudah mengenal dunia kerja saya kelak walau masih kulit luarnya karena magang singkat hanya 2 bulan. 

2. Sikap santun

awalnya saya juga mungkin tidak terlalu memahami ini. Tapi ketika menunggu antrian masuk untuk wawancara kami diajari oleh panitia kanwil. Pertama nanti ketika masuk pewawancaranya disalam terlebih dahulu, jangan pernah duduk jika belum dipersilahkan, tidak perlu memakai anggota tubuh berlebihan dalam menjelaskan saat wawancara tangan diletakkan diatas paha lebih baik, dengarkan instruksi apa yang mereka katakan karena mereka tidak suka mengulang pertanyaan. Biasanya pewawancara itu lebih dari satu, nh jika A bertanya usahakan mata tidak hanya tertuju ke A tapi ke semua pewawancara. Kontak mata itu penting , jangan biarkan ada pewawancara merasa kamu abaikan ketika kamu menjawab pertanyaan.

3. Tiada kata "tidak bisa"

menurut saya kata "tidak bisa" mengandung kepasrahan dan kurang mau belajar. Seperti saat saya wawancara ditanya "apakah kamu bisa bela diri?" walau saya amatiran hanya belajar lewat video tutorial saya katakan saya bisa walau masih dalam tahap kurang dan harus belajar lebih banyak lagi. Lalu mereka bertanya lagi " kamu memiliki kemampuan bahasa asing? bahasa inggris contohnya?" sebenarnya kelemahan terbesar saya adalah tidak menguasai bahasa asing. 

Namun saya tetap tidak mau menjawab "saya tidak bisa" jadi saya menjawab "saya sadar kekurangan saya salah satunya adalah kurang menguasai bahasa asing, maka dari itu saat ini saya sedang dalam proses les untuk lebih terampil dalam bahasa asing khususnya bahasa inggris". Menurut saya itu lumayan memukau juri karena mereka mangut mangut ketika saya menjawab :) .

Dan pertanyaan nya lagi adalah kamu bisa komputer? Saya jawab "Bisa". Selain Microsoft office kamu bisa apa? Wah ini tentu sulit untuk dijawab karena saya memang hanya memahami office. Tapi setelah saya ingat, saya pernah belajar dengan teman cara install ulang laptop. Makan saya jawab saya bisa instal ulang laptop saya walau masih dengan tutorial buku atau bahan lainnya. Poinnya adalah saya sangat anti mengatakan "tidak bisa".

Daftar beberapa pertanyaan yang akan diberikan kira-kira seperti ini:

1. Coba jelaskan tentang diri anda.

2. Apa motivasi anda untuk ikut dalam seleksi cpns ini, mengingat masih banyak lowongan kerja yang lebih baik diluar sana.

3. Apa keterampilan kamu dan relevansinya dengan posisi yang dilamar.

4. Apa kelebihan dan kekurangan kamu.

5. Apa kesuksesan terbesar yang pernah kamu raih.

6. Seberapa pantas kamu untuk posisi yang sedang kamu lamar.

7. Mereka akan menjelaskan beberapa konsekuensi pekerjaan dan bertanya apa kamu siap menerima konsekuensi itu.

8. Pertanyaan tentang seberapa paham kamu akan instansi yang akan kamu tuju.

Itulah berbagai pertanyaan yang ditanya dan semoga yang ikut tes cpns berhasil semua khususnya dalam wawancara. Ingat jangan grogi karena mereka akan menilai itu. Tetap semangat dan semoga beruntung. Saya lumayan beruntung dengan fisnish di nilai 94.9 di urutan nomor 7.